Gama Anggap Timnas Indonesia U-23 'Tertipu' Taktik Thailand

CNN Indonesia | Sabtu, 23/03/2019 21:21 WIB
Gama Anggap Timnas Indonesia U-23 'Tertipu' Taktik Thailand Thailand berhasil membalas kekalahan dari Indonesia dengan menang 4-0. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Thailand U-23 Alexandre Gama menganggap Timnas Indonesia U-23 tertipu taktik permainan tim Gajah Perang saat kalah 0-4 pada pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/4).

Thailand berhasil membalas kekalahan dari Indonesia setelah menang 4-0 di laga pertama Grup K. Sebelumnya, tim asuhan Alexander Gama kalah 1-2 dari Timnas Indonesia asuhan Indra Sjafri pada final Piala AFF U-22 2019, 26 Februari lalu.

Gama mengatakan kunci sukses Thailand menang telak atas Indonesia karena perubahan strategi yang dilakukannya. Pelatih asal Brasil itu meyakini Timnas Indonesia U-23 menganggap Thailand akan menggunakan strategi yang sama seperti saat kalah di final Piala AFF U-22 2019.


"Saya pikir kami berhasil mengejutkan Indonesia, karena kami tampil kuat dan tidak membiarkan Indonesia menciptakan peluang. Mungkin Indonesia berpikir kami akan bermain seperti di Piala AFF. Tapi, kami mengubah strategi yang membuat kami meraih hasil ini," ujar Gama dikutip dari situs resmi Thai FA.

Timnas Indonesia U-23 kalah telak dari Thailand.Timnas Indonesia U-23 kalah telak dari Thailand. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Dalam dua pertemuan terakhir melawan Timnas Indonesia U-23, Thailand selalu sukses mencetak gol lewat bola-bola mati. Gol pertama Thailand ke gawang Indonesia pada laga pertama Grup K tercipta lewat sundulan Shinnaphat Leeaoh yang berawal dari skema tendangan bebas.

Kondisi yang sama terjadi pada final Piala AFF U-22 2019. Ketika itu Thailand sempat unggul lebih dulu lewat gol sundulan Saringkan Promsupa juga lewat skema tendangan bebas. Namun, Gama membantah Thailand hanya mengandalkan bola-bola mati untuk meraih kemenangan atas Indonesia.

Gama Anggap Timnas Indonesia U-23 'Tertipu' Taktik Thailand
"Saya tidak tahu apakah kelemahan Indonesia bola-bola mati. Kami hanya biasa melakukannya saat latihan. Benar kami mencetak gol lewat bola-bola mati, tapi kami juga bisa mencetak gol lewat permainan terbuka," ucap Gama.

Setelah dikalahkan Thailand, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi tuan rumah Vietnam di Stadion My Dinh, Minggu (24/3). Sementara Thailand akan melawan Brunei Darussalam yang dikalahkan Vietnam 6-0 pada laga pertama.

[Gambas:Video CNN] (har/nva)