Persib Tak Ada Hubungan dengan Kepindahan Essien ke Sabail FK

CNN Indonesia | Sabtu, 23/03/2019 22:05 WIB
Persib Tak Ada Hubungan dengan Kepindahan Essien ke Sabail FK Michael Essien menjadi pemain asing Persib Bandung pada Liga 1 2017. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar memastikan kepindahan Michael Essien ke klub asal Azerbaijan, Sabail FK, tidak ada kaitannya lagi dengan Maung Bandung.

Essien resmi dikontrak Persib untuk jangka waktu dua tahun sejak Maret 2017, menjelang Liga 1 bergulir. Namun, pada Juni 2018 lalu kerja sama antara Persib dan mantan pemain Chelsea itu resmi terputus lantaran Essien tidak masuk rencana Roberto Carlos Mario Gomez yang saat itu menjadi pelatih Persib.

Sempat dikabarkan bernegosiasi dengan salah satu klub asal Korea Selatan, Essien akhirnya resmi bergabung dengan Sabail FK, salah satu klub papan atas di Azerbaijan sejak pertengahan Maret 2019.


"Essien kan sudah putus kontrak sama kita. Dia pergi baik-baik kok. Waktu itu kontraknya dua tahun, tapi Gomez enggak mau. Padahal masih satu tahun lagi, jadi buang-buang uang," kata Umuh ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Sabtu (23/3).

Persib Tak Ada Hubungan dengan Kepindahan Essien ke Sabail FKMichael Essien sempat menjadi tulang punggung permainan Persib Bandung. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Umuh juga memuji pihak manajemen, PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang tetap membayar lunas gaji Essien sesuai dengan isi kontrak. Meskipun Essien tidak menyelesaikan dua tahun kerja samanya sesuai dengan isi kontrak di awal.

Persib Tak Ada Hubungan dengan Kepindahan Essien ke Sabail FK
"Karena itu sudah diatur di perjanjian kontrak. Itu hebatnya Persib, dia [sudah tidak di Persib] tapi tetap dibayar penuh," ungkap Umuh.

Semusim bersama Persib, Essien yang juga mantan gelandang Chelsea itu tampil sebanyak 29 kali dan telah mencetak lima gol. Bersama Essien, Tim Maung Bandung gagal bersaing di papan atas dan harus puas menempati peringkat ke-13 di klasemen akhir pada musim 2017.

Kompetisi Liga 1 pada tahun tersebut menjadi salah satu yang ramai dengan kehadiran pemain-pemain asing kenamaan. Selain Essien, terdapat pula Carlton Cole di Persib, Didier Zokora di Semen Padang, dan Peter Odemwingie di Madura United.

Sejak putus kontrak dengan Persib, Essien cukup lama beristirahat sebelum akhirnya kembali merumput bersama Sabail FK. (ttf/jun)