3 Pemain di Indonesia yang Kolaps Seperti Bek Timnas Swiss

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 06:45 WIB
3 Pemain di Indonesia yang Kolaps Seperti Bek Timnas Swiss Bek timnas Swiss Fabian Schar sempat kolaps di lapangan. (REUTERS/Irakli Gedenidze)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek timnas Swiss Fabian Schar sempat kolaps setelah berbenturan dengan pemain Georgia, Jemal Tabidze, di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Beruntung ada gelandang Georgia, Jano Ananidze, yang sigap memberikan pertolongan pertama.

Ananidze memberikan pertolongan pertama dengan memasukkan tangan ke dalam mulut Schar untuk mencegah pemain Newcastle United itu menelan lidahnya. Pertolongan itu membuat Schar siuman.

Pemain berusia 27 tahun itu pun bisa melanjutkan laga tanpa mengalami masalah sedikit pun. Bahkan, ia dimainkan selama 90 menit.


Peristiwa mencekam yang dialami Schar akibat benturan antarpemain di lapangan memang kerap terjadi. Bahkan, insiden pemain kolaps di lapangan turut mewarnai persaingan di Liga 1 2018.

1. Hilton Moreira

Kepanikan sempat terjadi di laga Persipura jayapura melawan PSM Makassar di Stadion Mandala pada Juni 2018. Ketika itu, Hilton Moreira sempat kolaps di lapangan.

Kiper PSM, Rivky Mokodompit, berbenturan dengan Hilton saat keduanya berupaya memenangi duel udara di kotak penalti. Insiden itu membuat Hilton kolaps di lapangan.

Hilton Moreira pernah kolaps di lapangan.Hilton Moreira pernah kolaps di lapangan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Bek PSM, Abdulrahman, yang melihat Hilton terkapar dengan sigap memberikan pertolongan pertama. Ia menarik lidah Hilton sebelum pemain asal Brasil itu mendapatkan pertolongan dari tim medis dan tetap bisa melanjutkan pertandingan.

2. Hendro Siswanto

Gelandang Arema FC, Hendro Siswanto, juga pernah mengalami peristiwa serupa. Momen itu terjadi di laga Persipura kontra Arema FC dalam laga lanjutan Liga 1, 9 September 2018.

Hendro Siswanto (merah) juga pernah mengalami kolaps.Hendro Siswanto (merah) juga pernah mengalami kolaps. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hendro kolaps setelah berbenturan dengan gelandang Persipura, Immanuel Wanggai. Ia terjatuh dan kepalanya menghantam rumput lapangan.

Para pemain Arema dengan sigap memberikan pertolongan pertama. Salah satu pemain membuka mulut Hendro dan menahan agar lidahnya tidak tertelan.

Tak lama setelah itu, tim medis memberikan penanganan dan ambulans langsung menuju lapangan. Hendro siuman dan kemudian dilarikan ke rumah sakit.

3. Andri Muladi

Bek Persebaya Surabaya, Andri Muladi, mengalami peristiwa yang serupa dengan Hilton dan Hendro saat laga kontra Bhayangkara FC, 11 Juli 2018.

3 Pemain di Indonesia yang Kolaps Seperti Bek Timnas Swiss
Momen mengerikan itu terjadi saat Andri yang berduel udara dengan Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), jatuh dalam posisi tidak sempurna. Kepala Andri membentur tanah.

Peristiwa itu membuat Andri tergeletak di lapangan. Andri kemudian dibawa ambulans ke rumah sakit dalam kondisi tidak sadarkan diri. Andri tidak mengalami masalah serius setelah mendapatkan penanganan di rumah sakit. (jal/jun)