LAPORAN DARI VIETNAM

Minim Gol, Timnas Indonesia U-23 Kurang Sabar Hadapi Brunei

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 23:23 WIB
Minim Gol, Timnas Indonesia U-23 Kurang Sabar Hadapi Brunei Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri menilai anak asuhnya kurang sabar saat mengalahkan Brunei Darussalam. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
Hanoi, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, mengaku anak asuhnya kurang sabar sehingga hanya bisa menang tipis 2-1 atas Brunei Darussalam pada laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Timnas Indonesia U-23 mendominasi permainan atas Brunei meski menurunkan mayoritas pemain lapis kedua. Namun, Tim Garuda Muda hanya bisa mencetak dua gol hingga wasit meniup peluit tanda laga usai.

Gol pertama dicetak striker PS Tira Persikabo, Dimas Drajad, pada menit ke-30. Di babak kedua, Timnas Indonesia U-23 mencetak satu gol lagi melalui tembakan jarak jauh, Rafi Syarahil (79') yang sempat dibalas gol penalti Azim Izamudin Suhaimi.


Seusai laga, Indra mengaku Dimas dan kawan-kawan bermain kurang sabar dalam membongkar pertahanan berlapis Brunei.

"Seperti biasa, Brunei bermain dengan pertahanan yang dalam, mundur sampai sepertiga lapangan akhir mereka. Kami membongkar itu kurang sabar," ujar Indra.

Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Brunei Darussalam 2-1. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
"Bahkan banyak hal-hal yg sudah kami beri tahu, kalau tim lawan main dengan pertahanan yang dalam; kami harus bermain melebar, sirkulasi bola cepat, dan banyak melepas tendangan dari luar kotak penalti. Nyatanya tadi ada satu tendangan luar kotak penalti jadi gol," ia melanjutkan.

Pelatih asal Sumatra Barat itu juga membeberkan alasan melakukan rotasi pemain besar-besaran melawan Brunei. Timnas Indonesia U-23 tidak punya target apa pun melawan Brunei karena sudah pasti gagal lolos ke putaran final Asia U-23 2020.

"Ini laga ketiga, memang sudah tidak menentukan. Kami tim pelatih memutuskan mencoba pemain yg belum turun karena perlu evaluasi semua pemain," ucapnya.

"Tadi banyak pergantian dan rotasi. Perlu bagi kami memastikan pemain-pemain tersebut pantas di tim saya."

Di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus puas berada di peringkat ketiga klasemen akhir Grup K dengan torehan tiga poin. Di dua laga sebelumnya, Garuda Muda kalah 0-4 dari Thailand dan 0-1 dari tuan rumah Vietnam. (sry/jun)


BACA JUGA