Dorna Promosikan MotoGP Indonesia Jelang GP Argentina

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 15:45 WIB
Dorna Promosikan MotoGP Indonesia Jelang GP Argentina Ilustrasi jalan di Mandalika yang akan menghelat MotoGP Indonesia tahun 2021.( ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator ajang balap MotoGPDorna Sports, telah merilis desain tiga dimensi Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Selasa (26/3).

Kesepakatan untuk menggelar ajang MotoGP telah dicapai antara CEO Dorna, Carmelo Ezpelata, dengan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer pada 29 Januari 2019. MotoGP Indonesia direncanakan berlangsung mulai 2021.

Sirkuit Mandalika akan memakai konsep sirkuit jalanan dengan panjang 4,32 kilometer dan memiliki 18 tikungan. Desain ini sudah disetujui oleh pihak Dorna.


"Untuk membangun sirkuit ini membutuhkan sekitar 40-50 juta dolar [sekitar Rp562-702 miliar] oleh investor kami," ucap Abdulbar.

Dikutip dari Speedweek, Ezpelata, menyebut Sirkuit Mandalika merupakan lokasi yang unik. Sebelumnya, beberapa tempat seperti di Sirkuit Sentul atau Palembang disebut Ezepelata sempat diajukan untuk menggelar MotoGP di Indonesia.

Indonesia akan menggelar ajang balapan MotoGP tahun 2021. (REUTERS/Panoramic/Vincent Guignet)
"MotoGP Indonesia akan menjadi sesuatu yang spesial. Bagi kami ini langkah penting untuk masa depan MotoGP," ucap Ezepeleta.

Rilis video tiga dimensi Sirkuit Mandalika ini di Twitter disukai 5.200 akun dan dibagikan di akun pribadi sebanyak 4.200 akun. Dua ratus tiga puluh orang juga turut mengomentari rilis video Sirkuit Mandalika ini.

Mayoritas dari para pengguna Twitter itu antusias dan tidak sabar menanti pagelaran MotoGP di Indonesia.





Pembangunan sirkuit akan mulai dilakukan pada September mendatang dan ditargetkan selesai tahun depan. Setelahnya, Sirkuit Mandalika akan melalui proses homologasi dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) sebagai pengecekan apakah lintasan telah memenuhi lisensi Grade A.

Di bawah ini video tiga dimensi desain Sirkuit Mandalika.



(jal/nva)