Babak I: Persebaya Unggul 1-0 atas PS TIRA-Persikabo

CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 16:20 WIB
Babak I: Persebaya Unggul 1-0 atas PS TIRA-Persikabo Manuchekhr Jalilov mencetak gol pertama Persebaya ke gawang PS TIRA Persikabo. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persebaya Surabaya mengungguli PS TIRA-Persikabo dalam laga babak pertama perempat final Piala Presiden 2019 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (29/3) sore.

Menjalani babak perempat final Piala Presiden, Persebaya menempatkan pemain-pemain utama dalam starter. Djadjang Nurjaman menempatkan duet Otavio Dutra dan Hansamu Yama di jantung pertahanan. Selain itu trio pemain asing Manuchekhr Jalilov, Amido Balde, dan Damian Lizio juga tampil sejak menit pertama.
Pertandingan baru memasuki menit kedua Persebaya sudah berhasil membukukan keunggulan berkat gol salto Jalilov. Bermula dari umpan crossing Balde ke kotak penalti yang disundul Irfan Jaya dituntaskan Jalilov ke gawang PS TIRA.

Setelah unggul, Bajul Ijo kian bersemangat mencetak gol kedua untuk menambah kepercayaan diri. Untuk memanjakan Balde yang jangkung sebagai ujung tombak, Persebaya mengaktifkan kedua sayap.
Babak I: Persebaya PS TIRA-PersikaboAmido Balde menjadi ujung tombak Persebaya Surabaya. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Kecepatan Irfan Jaya dan kemampuan individu Lizio dalam mengolah bola kerap menjadi tumpuan. Namun beberapa umpan silang tak berujung gol.

Memasuki menit ke-21 Ruben Sanadi yang merangsek ke kotak penalti melepaskan tendangan yang masih mampu ditepis Angga Saputra. Semenit kemudian Jalilov mencoba melakukan sepakan jarak jauh yang masih melambung dari gawang. Menit ke-23 Jalilov kembali memiliki peluang terbuang lantaran bola yang disundul mengenai tiang gawang.
Babak I: Persebaya Unggul 1-0 atas PS TIRA-Persikabo
Serangan PS TIRA yang kerap kandas di lini tengah baru memberi ancaman pada menit ke-26. Memanfaatkan situasi bola mati, Parfait Essengue melepaskan tendangan kencang dari luar kotak penalti yang berhasil ditangkap Miswar Saputra.

Memasuki menit ke-39 sebuah serangan sayap kembali menjadi andalan Persebaya untuk membongkar pertahanan tim tamu. Umpan datar Ruben berhasil dimanfaatkan Balde, namun bola tidak dapat melewati Angga yang sigap mengamankan gawang.

Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya atas PS TIRA bertahan hingga babak pertama usai.

Susunan pemain inti Persebaya:
Miswar Saputra; Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi; Fandi Eko, Misbakus Solihin, Damian Lizio; Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchekhr Jalilov.


Susunan pemain inti PS TIRA-Persikabo:
Angga Saputra; Abduh Lestaluhu, Khurshed Beknazarov, Vava Mario Yagalo, Rifad Marasabessy; Ciro Alves, Guntur Triaji, Parfait Essengue; Wawan Febrianto, Loris Arnaud, Osas Saha (nva/jun)