Paus Fransiskus: Messi Hebat, Tapi Bukan Dewa

CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 07:45 WIB
Paus Fransiskus: Messi Hebat, Tapi Bukan Dewa Lionel Messi kerap disebut Dewa oleh para pencinta sepak bola karena penampilan luar biasanya. (JORGE GUERRERO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paus Fransiskus memberikan pujian untuk kemampuan penyerang Barcelona, Lionel Messi, dalam mengolah si kulit bundar. Namun, Paus menilai menyamakan La Pulga dengan Tuhan, bukan suatu hal yang pantas.

Messi menjelma sebagai salah satu pemain terbaik di dunia berkat kemampuan yang dimilikinya. Ia berhasil mengantarkan Barcelona meraih banyak gelar dan juga sukses meraih gelar individu.

La Pulga sudah lima kali dinobatkan peraih Ballon d'Or. Kapten Barcelona itu sejajar dengan rivalnya, Cristiano Ronaldo, yang memperkuat Juventus.

Saat diwawancara oleh Jordi Evole di La Sexta seperti dilansir Marca, Paus memaklumi para pencinta sepak bola menyebut Messi dengan sebutan dewa.

Paus Fransiskus: Messi Hebat, tapi Dia Bukan DewaLionel Messi bermain sangat baik bersama Barcelona musim ini. (REUTERS/Marcelo del Pozo)
"Secara teori, itu adalah penistaan. Anda tidak bisa menyebutnya seperti itu dan saya tidak percaya. Apa Anda percaya itu?," kata Paus

"Orang-orang dapat mengatakan ia adalah Dewa, sama seperti mereka mungkin mengatakan 'saya memuja Anda' tetapi hanya Tuhan yang bisa disembah," ia melanjutkan.

Paus Fransiskus: Messi Hebat, tapi Dia Bukan Dewa
Paus berpandangan pencinta sepak bola menyebut Messi dengan sebutan Dewa karena istilah tersebut cukup populer untuk mendefinisikan kehebatan Messi sebagai salah satu pemain top. 

"Julukan itu populer bagi sebagian orang untuk mengekspresikan diri mereka tentang Messi di lapangan," tutur Paus.

Paus pun tidak memungkiri bahwa Messi bermain sangat baik sebagai seorang pesepakbola. " Tentu saja (dia main bagus). Dia membawa kebahagiaan, namun dia bukan Tuhan," katanya.

Messi tampil impresif di semua ajang yang diikuti Barcelona musim ini. Dari 38 laga yang sudah dijalani, penyerang berusia 31 tahun berhasil mencetak 41 gol dan mengemas 21 assist.


(jal)