FOTO: Ibu Satu Anak Ratu Tinju Asia dari China

REUTERS, CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 17:50 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Huang Wensi, ibu satu anak dinobatkan sebagai ratu tinju Asia usai menyabet sabuk juara kelas Terbang Super Asia dengan mengalahkan petinju Thailand.

Huang Wensi saat latihan terakhir di Ningbo, Provinsi Zhejiang, China, pada 23 September 2018 sebelum bertolak ke Taiwan mengikuti kejuaraan tinju wanita kelas Terbang Super Asia. (REUTERS/Yue Wu)
Dibalik ketangguhannya, Huang Wensi tak mampu menahan tangis haru usai menjuarai tinju kelas Terbang Super Asia mengalahkan Jarusiri Rongmuang asal Thailand. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi menata dan menguncir rambutnya, dua hari jelang tampil di tinju kelas Terbang Super Asia. Ia merupakan segelintir dari kaum wanita yang berkecimpung dalam dunia tinju profesional di China. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi bersama anak dan suami. Ia harus menempuh perjalanan darat nyaris seharian untuk menjemput anak yang dirawat di rumah sang ibu di Lianjiang, Provinsi Guang Dong. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi tengah bekerja keras untuk menurunkan berat badannya di Taiwan pada 25 September 2018. Petinju wanita, terlebih yang sudah memiliki anak, amat jarang di China karena stereotip terhadap kaum wanita di negara itu. (REUTERS/Yue Wu)
Sempat melakoni dunia tinju saat masih remaja pada 2002, Huang Wensi masuk ke dunia tinju profesional setelah melahirkan karena ia merasa tertekan merasa tak berdaya hanya sebagai seorang ibu rumah tangga. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi saat dimotivasi asisten pelatihnya jelang duel di Taiwan. Sang pelatih menekankan jangan pernah berpikir menang atau kalah, tapi pikirkan kehormatan dan keluarga. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi (kanan) bertarung sengit sengit dengan Jarusiri Rongmuang di duel tinju kelas Terbang Super Asia. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi mendengar pengarahan dari pelatih saat duel menghadapi Jarusiri Rongmuang. (REUTERS/Yue Wu)
Pukulan telak Huang Wensi mendarat ke pipi kiri Jarusiri Rongmuang dan membuat lawannya limbung dan menang TKO. Ia menolak dijuluki Raja Tinju, melainkan Ratu Tinju. (REUTERS/Yue Wu)
Huang Wensi loncat kegirangan usai dinyatakan menang TKO atas petinju wanita asal Thailand. Ia langsung melakukan panggilan video untuk mengabarkan soal gelar juara kepada putranya yang baru 2,5 tahun. (REUTERS/Yue Wu)