Prediksi Juara Liga Inggris: April Jadi Kunci City-Liverpool

CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 13:19 WIB
Prediksi Juara Liga Inggris: April Jadi Kunci City-Liverpool Juergen Klopp (kiri) bersaing ketat dengan Pep Guardiola. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester City dan Liverpool bersaing ketat menuju podium juara dalam akhir musim Liga Inggris 2018/2019 yang tinggal menyisakan enam pertandingan lagi.

Memasuki pekan ke-32 Man City memimpin klasemen dengan 80 poin, atau hanya unggul satu angka atas Liverpool.
Pada akhir pekan ini The Reds berpeluang kembali mengambil alih posisi teratas di klasemen ketika bertamu ke markas Southampton di Stadion Saint Mary. Keunggulan poin Sadio Mane dan kawan-kawan akan berlangsung cukup lama lantaran Man City baru akan melanjutkan laga Liga Inggris pada 14 April lantaran harus menjalani semifinal Piala FA.

Setelah menjalani pertandingan semifinal Liga Champions, The Citizens akan bertemu Crystal Palace di Selhurst Park. Kendati dipermalukan Palace pada pertemuan pertama musim ini, Man City tentu akan berupaya sekuat tenaga untuk memenangi laga menghadapi salah satu tim medioker tersebut.

Daftar Enam Laga Sisa Man City dan Liverpool di Liga InggrisMan City berupaya mempertahankan gelar Liga Inggris pada musim 2018/2019. (REUTERS/Phil Noble)
Sementara itu pada saat yang bersamaan anak asuh Juergen Klopp akan menghadapi Chelsea, pertandingan yang cukup krusial untuk dimenangkan Liverpool untuk meraih gelar juara setelah 29 tahun.


Sepekan berselang giliran Man City yang menghadapi laga berat dengan kedatangan Tottenham Hotspur. Kemenangan akan menjadi modal berarti bagi Pep Guardiola dan anak asuhnya, lantaran di kubu seberang Liverpool berpotensi meraih tiga poin ketika bertemu tim papan bawah Cardiff City.

Daftar Enam Laga Sisa Man City dan Liverpool di Liga InggrisLiverpool sempat tertinggal jauh dari Man City di klasemen. (Action Images via Reuters/Paul Childs)
Pertandingan pada pekan ketiga di bulan April itu bisa dikatakan sukar karena sebelumnya Man City dan Liverpool akan melakoni leg kedua perempat final Liga Champions.

Sementara Liverpool mendapat jatah libur pada tengah pekan, Man City justru akan kedatangan tamu besar lain usai menjamu Spurs. Sang tetangga Manchester United akan menjadi lawan Man City pada tengah pekan.

Dalam laga akhir pekan terakhir bulan April, kedua klub calon gelar juara Liga Inggris itu berpotensi meraih poin penuh karena sama-sama berhadapan dengan tim papan bawah. Sang juara bertahan bertemu Burnley dan Liverpool berjumpa Huddersfield Town.

Daftar Enam Laga Sisa Man City dan Liverpool di Liga Inggris
Pada pekan ke-37, Man City dan Liverpool bertemu klub papan tengah. Leicester City akan bertandang ke Etihad, sementara Newcastle United menerima lawatan Liverpool.

Brighton & Hove Albion dan Wolverhampton Wanderers bisa menjadi lawan penentu gelar atau penjegal salah satu kandidat juara pada akhir musim. Brighton mendapat giliran berhadapan dengan Man City dan Wolverhampton akan meladeni Liverpool.

Jika Man City menyapu bersih semua laga dengan kemenangan, maka mereka akan mengumpulkan 98 poin. Sedangkan poin maksimal Liverpool adalah 97.

Melihat enam pertandingan tersisa musim ini, Liverpool memiliki peluang yang cukup besar untuk menyalip Man City di puncak klasemen dan menjadi juara Liga Inggris. Pasalnya, Man City punya jadwal yang lebih berat dengan masih bertemu Tottenham Hotspur dan Manchester United, sementara Liverpool tinggal menghadapi Chelsea sebagai lawan terberat.

Kunci bagi Man City ada di bulan April. Jika tim asuhan Pep Guardiola bisa melewati masa-masa genting selama April 2019, maka Man City punya peluang yang sangat besar menjadi juara.

Man City dipastikan akan merasakan tekanan sepanjang bulan ini. Pasalnya, selain bertemu Tottenham dan Man United di Liga Inggris, The Citizens juga akan dua kali bertemu Tottenham di Liga Champions. Man City juga akan menjalani semifinal Piala FA melawan Brighton.

Bulan April juga dipastikan menjadi kunci bagi Liverpool. Jika The Reds tidak bermasalah dengan perempat final Liga Champions, seperti pemain kunci mengalami cedera, maka Liverpool punya peluang cukup besar menjadi juara. Liverpool juga harus memastikan meraih kemenangan atas Chelsea yang belakangan kembali bangkit.

Daftar pertandingan sisa Manchester City:
Crystal Palace vs Manchester City (14/4)
Manchester City vs Tottenham Hotspur (20/4)
Manchester United vs Manchester City (25/4)
Burnley vs Manchester City (28/4)
Manchester City vs Leicester City (4/5)
Brighton & Hove Albion vs Manchester City (12/5)

Daftar pertandingan sisa Liverpool:
Southampton vs Liverpool (6/4)
Liverpool vs Chelsea (14/4)
Cardiff City vs Liverpool (21/4)
Liverpool vs Huddersfield Town (27/4)
Newcastle United vs Liverpool (4/5)
Liverpool vs Wolverhampton Wanderers (12/5) (nva/har)