10 One Season Wonder Liga Primer Inggris

CNN Indonesia | Minggu, 07/04/2019 11:30 WIB
Roque Santa Cruz menjadi salah satu one season wonder di Liga Primer Inggris. (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain one season wonder merupakan salah satu fenomena di Liga Primer Inggris. Setidaknya ada sepuluh pemain one season wonder yang terkenal dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Tidak semua pemain berhasil secara konsisten menjadi goal-getter di Liga Primer Inggris. Pemain baru datang dan pergi dengan cepat. Pemain yang menjanjikan tersebut pada akhirnya berakhir dengan kesan mengecewakan dan hanyut dalam ketidakjelasan.

Sebagian dari mereka yang disebut one season wonder itu tetap ada dalam ingatan para pecinta Liga Inggris. Pemain-pemain ini pernah menjadi pemain yang ditakuti di Liga Inggris meski dalam kurun waktu yang singkat. Dikutip dari Squawka berikut ini sepuluh pemain one season wonder paling terkenal di Liga Inggris:


1. Roque Santa Cruz

10 <i>One Season Wonder</i> Liga Primer Inggris(AFP PHOTO/PAUL ELLIS)
Pemain asal Paraguay ini tampak menjanjikan saat ia mulai bermain di Liga Primer Inggris. Ia mencetak banyak gol untuk Blackburn Rovers pada musim 2007/2008. Bukan satu atau dua gol yang ia cetak, tapi 19 gol. Namun setelah itu, ia tidak pernah lagi mencetak gol dua digit. Performanya turun drastis dengan hanya empat gol yang ia cetak di musim berikutnya, lalu menurun lagi menjadi tiga gol pada musim selanjutnya bersama Manchester City.

2. Amr Zaki

10 <i>One Season Wonder</i> Liga Primer Inggris(AFP PHOTO/IAN KINGTON)
Sebelum era Mohamed Salah, penampilan pemain asal Mesir ini juga sempat mengesankan di Liga Inggris. Ya, hanya bagus sebentar saja. Meskipun Zaki datang sebagai pemain pinjaman di Wigan Athletic dari Zamanek pada 2008, dampak kehadiran dia cukup positif. Zaki membobol gawang lawan dengan lima gol di enam pertandingan pertama. Namun, ia kemudian menolak kembali ke skuat asuhan Steve Bruce tersebut karena ada panggilan untuk membela timnas Mesir pada 2009. Zaki juga sempat dipinjamkan ke Hull City, tapi juga gagal mengulangi sukses.

3. Andrew Johnson

10 <i>One Season Wonder</i> Liga Primer Inggris(JIM WATSON / AFP)
Legenda Crystal Palace ini mencetak 21 gol pada musim 2004/2005. Penampilan Johnson musim itu membuat timnas Inggris terpikat. Johnson mencatat total 74 gol untuk The Eagles selama empat musim sejak 2002. Usai membela The Eagles, Johnson sempat memperkuat tiga klub Inggris lain, namun dengan catatan gol yang menurun jauh. Ketiga tim tersebut antara lain Everton (17 gol), Fulham (13 gol), dan Queens Park Rangers (2 gol).

10 <i>One Season Wonder</i> Liga Primer Inggris
4. Marcus Stewart

Sama seperti Santa Cruz, penyerang Ipswich Town ini menyumbang 19 gol dalam satu musim pada 2000/2001. Tak seperti sebagian penyerang hebat asal Inggris yang lain, Stewart tidak merasakan seragam tim nasional. Dari Ipswich Town, Stewart dikontrak Sunderland selama tiga tahun sejak 2002. Namun, ia tidak bisa mengulang catatan 19 gol dalam semusim di The Black Cats.

5. Michu

10 <i>One Season Wonder</i> Liga Primer Inggris(AFP PHOTO/ JOSE JORDAN)
Swansea City mungkin berharap dapat mengambil kembali biaya sebesar £20 juta (sekitar Rp370 miliar dengan nilai tukar saat ini) yang dikeluarkan untuk mendatangkan pemain asal Spanyol itu. Michu mencetak 18 gol dalam kampanye debutnya bersama Swansea pada musim 2012/2013.

Dua tahun kemudian ia menderita cedera pergelangan kaki yang parah dan membuat karier dia di Liga Inggris berakhir dengan tidak menyenangkan. Ia pensiun pada 2017 di usia 31 tahun, saat terakhir membela klub asal Spanyol yakni Oviedo.

[Gambas:Video CNN] (map/har)
1 dari 2