Jonatan Christie Sudah Prediksi Chen Long Bakal Menyulitkan

CNN Indonesia | Sabtu, 06/04/2019 17:22 WIB
Jonatan Christie Sudah Prediksi Chen Long Bakal Menyulitkan Jonatan Christie sudah prediksi akan kesulitan lawan Chen Long. (Dok. Humas PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie sudah memprediksi bakal kesulitan sebelum berhadapan dengan Chen Long di semifinal Malaysia Terbuka 2019.

Jonatan pun akhirnya harus mengakui keunggulan Chen Long saat keduanya bersua di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Sabtu (6/4). Pebulutangkis Indonesia itu kalah dalam permainan tiga gim, 21-12, 10-21, dan 15-21.

Kekalahan tersebut sekaligus jadi kekalahan ketujuh Jonatan dari Chen Long sejak pertama kali bertemu di Piala Sudirman 2015 lalu. Jonatan belum sekalipun meraih kemenangan saat melawan Chen Long.


"Sudah saya perkirakan kalau berhadapan dengan Chen Long tidak akan mudah. Head to head saya juga ketinggalan jauh. Tapi saya sudah mencoba melakukan yang terbaik," kata Jonatan melalui rilis resmi PBSI.

Jonatan Christie gagal ke final Malaysia Terbuka 2019.Jonatan Christie gagal ke final Malaysia Terbuka 2019. (Dok. Humas PBSI)
Soal kekalahannya kali ini, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu mengungkapkan apa yang terjadi sampai membuatnya kalah jauh, 10-21, pada gim kedua. Padahal di gim pertama, Jonatan tampil cukup agresif untuk mencuri kemenangan.

"Di game pertama dengan keadaan kalah angin, saya bisa bermain cukup baik dan Chen Long juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Tapi saat saya pindah tempat dan menang angin, membuat lawan lebih enak dengan pola pertahanannya."

Jonatan Christie Sudah Prediksi Chen Long Bakal Menyulitkan
"Dan saya merasa anginya cukup mengganggu sedikit stroke saya. Jadi tadi beberapa kali banyak unforced error dan beberapa kali buru-buru juga. Tapi sejauh ini, secara keseluruhan saya sudah cukup puas dengan permainan saya, meskipun hasilnya belum maksimal," jelas Jonatan.

Di sisi lain, Chen Long justru tampil lebih percaya diri di gim ketiga. Terlihat dengan smes deras yang beberapa kali dipertontonkan unggulan keempat itu untuk memperlebar jarak dengan Jonatan.

"Saya rasa dia [Chen Long] jauh lebih tenang dibanding Viktor Axelsen kemarin [babak perempat final]. Di saat saya bermain cepat, dia bisa mengimbangi permainan saya. Jadi beberapa kali pola saya cukup patah di tangan Chen Long," ujarnya. (TTF/jun)