Skenario 8 Tim Lolos ke Semifinal Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 13:46 WIB
Skenario 8 Tim Lolos ke Semifinal Liga Champions Ajax dan Juventus punya peluang yang sama di leg kedua perempat final. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Delapan tim kontestan perempat final Liga Champions memiliki peluang yang sama untuk lolos ke babak semifinal. Berikut skenario lolos ke babak semifinal Liga Champions.

Pertarungan sengit bakal terjadi di leg kedua perempat final Liga Champions yang digelar Selasa (16/4) dan Rabu (17/4) waktu setempat. Laga tersebut akan jadi penentuan bagi delapan tim untuk melaju ke semifinal.

Liverpool

Liverpool yang menang 2-0 atas FC Porto di leg pertama perempat final tidak bisa berleha-leha di leg kedua di Stadion Dragao, pekan depan. Kemenangan dengan margin dua gol masih belum aman bagi Liverpool.


Tim asuhan Juergen Klopp itu bisa memastikan diri lolos ke semifinal minimal dengan menahan imbang Porto. Liverpool juga tetap lolos meski kalah dari Porto, asalkan margin kekalahan itu tidak lebih dari satu gol. Sedangkan kemenangan akan membuat langkah The Reds makin mulus ke babak empat besar.

FC Porto

Porto sendiri bukan tanpa kans. Tim asuhan Sergio Conceicao itu wajib menang dengan margin tiga gol. Kemenangan itu bisa terjadi mengingat statistik menunjukkan Stadion Darago cukup angker bagi klub-klub asal Inggris.

Skor 2-0 untuk Porto di leg kedua hingga 120 menit akan memaksa pertandingan ditentukan melalui drama adu penalti.

Liverpool hanya perlu menahan imbang Porto di leg kedua.Liverpool hanya perlu menahan imbang Porto di leg kedua. (REUTERS/Phil Noble & REUTERS/Paul Hanna)
Tottenham Hotspur

Seperti Liverpool, Tottenham Hotspur yang menang 1-0 atas Manchester City di pertemuan pertama di Stadion Tottenham juga perlu waspada untuk laga kedua. Tottenham dapat menyingkirkan Man City jika bermain imbang di leg kedua.

Manchester City

Man City yang untuk sementara kalah agregat 0-1 juga tetap memiliki kesempatan yang besar untuk ke semifinal. Tim asuhan Pep Guardiola itu wajib menang dengan minimal margin dua gol di pertandingan berikutnya.

Hasil imbang akan membuat Man City kembali gagal meraih trofi Liga Champions yang menjadi target utama musim ini. Rapor apik dengan meraih tiga kemenangan dari lima laga terakhir saat menjamu Tottenham di laga resmi bisa membantu The Citizens untuk leg kedua. Skor 1-0 untuk Man City hingga 120 menit maka dram adu penalti akan digelar.

Skenario Lolos ke Babak Semifinal Liga Champions
Juventus

Tim lain yang perlu berhati-hati di leg kedua nanti adalah Juventus. Si Nyonya Tua wajib melihat performa impresif Ajax Amsterdam saat menyingkirkan Real Madrid dalam laga tandang di babak 16 besar Liga Champions.

Dengan bermain imbang 1-1 di kandang Ajax di Johan Cruijff Arena, Rabu (10/4) waktu setempat, Juventus bisa lolos dengan bermain imbang 0-0. Kemenangan bisa membuat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kian percaya diri untuk babak berikutnya.

Ajax Amsterdam

Ajax juga bisa meniru cara Juventus untuk lolos ke semifinal. Akan tetapi, De Gdenzonen minimal harus memaksa Juventus bermain imbang 2-2. Dengan begitu Ajax akan lolos dengan status unggul gol tandang.

Man United butuh keajaiban untuk lolos ke semifinal Liga Champions.Man United butuh keajaiban untuk lolos ke semifinal Liga Champions. (REUTERS/Andrew Yates)
Manchester United

Melawan tim sekelas Barcelona, Man United yang di musim ini tidak masuk daftar unggulan perlu kembali melakukan keajaiban seperti ketika menyingkirkan Paris Saint-Germain di babak 16 besar.

Untuk bisa melangkah ke babak berikutnya, Setan Merah wajib menang dengan margin dua gol di Camp Nou. Menang 2-1 juga bisa meloloskan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer dengan faktor menang gol tandang.

Barcelona

Sementara Barcelona tidak boleh kalah 1-2, 2-3, 3-4, dan seterusnya dari Man United. Kalah dengan skor 0-1 bisa memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan atau adu penalti. Jika Blaugrana ditahan imbang, maka tiket ke semifinal tetap menjadi milik Lionel Messi dan kawan-kawan. (sry/jal)