ANALISIS

Momen Krusial Man City Kudeta Liverpool di Liga Inggris

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 08:39 WIB
Momen Krusial Man City Kudeta Liverpool di Liga Inggris Man City berpeluang kudeta puncak klasemen Liga Inggris dari Liverpool. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan ke-34 di Liga Primer Inggris bisa jadi momen krusial bagi Manchester City untuk mengkudeta Liverpool dari puncak klasemen sementara. Jalur juara untuk Man City kian dekat jika The Reds tersandung.

Saat ini posisi pucuk klasemen masih dikuasai Liverpool dengan nilai 82 dari 33 pertandingan. Sementara Man City membuntuti di posisi kedua dengan koleksi 80 poin dari 32 laga.

Man City punya tabungan satu pertandingan lebih sedikit sehingga membuat persaingan bakal sengit hingga akhir musim. Kedua tim tak boleh terpeleset jika ingin menjaga peluang meraih gelar juara.


Pada akhir pekan nanti, The Citizens punya peluang untuk mengudeta puncak klasemen dari Liverpool. Dengan catatan, Man City menang sementara Liverpool kalah atau imbang.

Momen Krusial Man City Kudeta Liverpool di Liga InggrisMan City masih punya dua laga berat di lima pertandingan tersisa. (Reuters/Carl Recine)
Man City punya kans lebih besar untuk mengantongi tiga poin saat melawat ke markas Palace di Selhurst Park, Minggu (14/4). Dengan skuat bertabur bintang, The Citizens lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan ini.

Raihan tiga poin atas Palace praktis akan mendongkrak City ke puncak klasemen Liga Inggris. Skenario ini bisa terealisasi jika di saat yang bersamaan Liverpool gagal menang saat menjamu Chelsea.

Chelsea bukan lawan sembarangan. Skuat arahan Maurizio Sarri juga wajib meraih kemenangan agar tidak tersingkir dari zona empat besar.

Momen Krusial Man City Kudeta Liverpool di Liga Inggris
Saat ini The Blues menempati posisi ketiga klasemen dengan raihan 66 poin atau hanya unggul dua angka dari Tottenham yang menguntit di posisi keempat.

Persaingan empat besar juga memanas karena tim peringkat kelima, Arsenal, saat ini mengantongi nilai 63 dari 32 laga. Artinya, Chelsea bisa melorot ke posisi kelima jika takluk dari Liverpool.

Sementara Liverpool bisa tergusur dari posisi teratas jika gagal menang lawan Chelsea dan di laga lainnya Man City menang atas Crystal Palace. Namun, hasil akhir di pekan ke-34 masih belum dapat memastikan siapa yang berhak keluar sebagai jawara Liga Primer.

Setelah lawan Palace, Man City masih harus menghadapi dua lawan berat dari total lima pertandingan tersisa. Pertama, Man City akan menjamu Tottenham (20/4) dan melawat ke rival sekota mereka, Manchester United (24/4).

Dua manajer top, Juergen Klopp dan Pep Guardiola bersaing menuju juara Liga Inggris.Dua manajer top, Juergen Klopp dan Pep Guardiola bersaing menuju juara Liga Inggris. (REUTERS/Phil Noble)
Sementara Liverpool memiliki empat pertandingan yang jauh lebih ringan usai menghadapi Chelsea. Skuat arahan Juergen Klopp akan melawat ke markas Cardiff City dan Newcastle United serta menjamu Huddersfield dan Wolverhampton Wanderers.

Hasil pertandingan pada April bakal sangat memengaruhi persaingan menuju gelar juara. Jika Man City menyapu bersih kemenangan di enam laga tersisa, maka mereka akan mengumpulkan 98 poin. Sedangkan poin maksimal Liverpool adalah 97.

Daftar pertandingan sisa Manchester City:

Crystal Palace vs Manchester City (14/4)
Manchester City vs Tottenham Hotspur (20/4)
Manchester United vs Manchester City (25/4)
Burnley vs Manchester City (28/4)
Manchester City vs Leicester City (4/5)
Brighton & Hove Albion vs Manchester City (12/5)

Daftar pertandingan sisa Liverpool:

Liverpool vs Chelsea (14/4)
Cardiff City vs Liverpool (21/4)
Liverpool vs Huddersfield Town (27/4)
Newcastle United vs Liverpool (4/5)
Liverpool vs Wolverhampton Wanderers (12/5) (har)