Marc Marquez, Penguasa Sirkuit Austin MotoGP Amerika Serikat

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 12:52 WIB
Marc Marquez, Penguasa Sirkuit Austin MotoGP Amerika Serikat Marc Marquez selalu jadi pemenang di Sirkuit Austin MotoGP Amerika Serikat. (Getty Images/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Repsol Honda Marc Marquez merupakan penguasa MotoGP Amerika Serikat yang digelar di Sirkuit Austin.

Jelang bergulirnya MotoGP Amerika Serikat 2019 yang digelar di Sirkuit Austin, Minggu (14/4), Marquez memiliki rapor apik.

Pebalap asal Spanyol itu punya rekor mengagumkan saat tampil di Sirkuit Austin. Sejak sirkuit dengan panjang 5,5km itu digunakan untuk MotoGP pada 2013 Marquez selalu tampil sebagai pemenang.


Marquez yang memiliki julukan The Baby Alien itu tidak pernah absen di podium pertama MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin sejak 2003 hingga musim lalu.

Performa terbaik Marquez di Sirkuit Austin terjadi pada musim 2018. Ketika itu Marquez finis menjadi pemenang dengan catatan waktu 41 menit 52,002 detik. Sementara catatan terburuk Marquez di musim 2017 saat finis dengan waktu tempuh 43 menit 58,770 detik.

Marquez raih catatan terbaik di MotoGP Amerika Serikat pada musim lalu.Marquez raih catatan terbaik di MotoGP Amerika Serikat pada musim lalu. (Getty Images/Getty Images/AFP)
Label Marquez sebagai penguasa MotoGP Amerika Serikat bukan saja karena selalu menjadi pemenang di Sirkuit Austin, tetapi juga banyak meraih pole position.

Dalam enam kesempatan tampil di MotoGP Amerika Serikat, Marquez hanya sekali kehilangan pole position di Sirkuit Austin. Pada musim 2018 Marquez harus start dari posisi keempat di MotoGP Amerika Serikat karena mendapatkan penalti.

Marc Marquez, Penguasa Sirkuit Austin MotoGP Amerika Serikat
Awalnya Marquez meraih pole position di kualifikasi MotoGP Amerika Serikat pada Minggu (22/4) tahun lalu dengan mengalahkan Maverick Vinales dan Andrea Iannone.

Tetapi Race Direction MotoGP memberikan Marquez penalti turun tiga posisi saat start. Juara bertahan MotoGP itu dinyatakan bersalah dan mendapat penalti setelah menahan laju Vinales di tikungan 15 saat kualifikasi menyisakan 2,5 menit.

Meski start dari posisi keempat, Marquez tetap terlalu tangguh untuk pesaingnya. Marquez finis terdepan di MotoGP Amerika Serikat musim lalu dengan catatan waktu 41 menit 52,002 detik. Catatan itu menjadi rekor bagi Marquez selama tampil di Sirkuit Austin. (sry/jal)