Jokowi Baru Sekali Absen dari Empat Final Piala Presiden

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 16:34 WIB
Jokowi Baru Sekali Absen dari Empat Final Piala Presiden Presiden Jokowi (kiri) saat menghadiri final Piala Presiden 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penutupan dan laga final Piala Presiden tahun ini menjadi yang pertama tanpa kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Jokowi dipastikan tidak bisa hadir dalam leg kedua final Piala Presiden 2019 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan pada Jumat (12/4). Hal ini ia sampaikan kepada para awak media di Sirkuit Sentul, Bogor.

"Piala Presiden penting, tapi hari ini kan ada agenda yang lain ya. Agenda yang lain," kata Jokowi singkat.


Tahun 2019 adalah yang keempat kali turnamen Piala Presiden digelar. Ajang yang menjadi pramusim ini kali pertama diselenggarakan pada 2015, ketika itu sepak bola Indonesia sedang dalam masa hukuman dari FIFA.

Sejak 2015, baru sekali Piala Presiden batal digelar, yaitu di tahun kedua atau 2016. Hal itu dikarenakan pada tahun tersebut ada turnamen Piala Jenderal Sudirman dan Piala Bhayangkara. Ditambah lagi dengan kompetisi satu musim Indonesian Soccer Championship.

Presiden Jokowi hadir di SUGBK di final Piala Presiden 2018.Presiden Jokowi hadir di SUGBK di final Piala Presiden 2018. (Biro Setpres/Laily Rachev)
Dalam tiga kali pelaksanaan turnamen Piala Presiden, Presiden Jokowi selalu menyempatkan hadir di partai pemungkas atau penutupan.

Di edisi pertama pada 2015, Jokowi menyaksikan laga final antara Sriwijaya FC lawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ia menyaksikan pertandingan yang dimenangkan Persib dengan skor 2-0 tersebut bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dalam edisi kedua pada 2017, Jokowi juga menyaksikan langsung final Piala Presiden di Stadion Pakansari, Cibinong. Di sana, ia menyerahkan piala kepada sang juara, Arema FC, yang berhasil menumbangkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1.

Jokowi Baru Sekali Absen di Final Piala Presiden
Terakhir, Jokowi hadir dalam final Piala Presiden 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta melawan Bali United. Skuat Macan Kemayoran menang dengan skor 3-0 di hadapan kurang lebih 70 ribu penonton SUGBK.

Final Piala Presiden 2019 adalah yang pertama mempertemukan derbi. Arema FC dan Persebaya adalah dua tim dari satu provinsi, Jawa Timur. Duel keduanya pun menjadi Derbi Jawa Timur di final Piala Presiden.

Di leg pertama yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Selasa (9/4), Persebaya ditahan imbang 2-2 oleh Arema. Untuk menjadi juara Arema minimal hanya perlu menahan imbang Persebaya dengan skor 0-0 atau 1-1.

Sementara, Persebaya harus mengimbangi Arema dengan skor 3-3 atau memenangi pertandingan untuk bisa membawa pulang trofi Piala Presiden ke Surabaya. (map/jal)