Hasil MotoGP Amerika Serikat: Marquez Kecelakaan, Rins Menang

CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 02:43 WIB
Hasil MotoGP Amerika Serikat: Marquez Kecelakaan, Rins Menang Alex Rins berhasil jadi pemenang MotoGP Amerika Serikat. (KARIM JAAFAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Amerika Serikat dan Alex Rins berhasil mengalahkan Valentino Rossi untuk jadi juara seri ini.

Valentino Rossi dan Cal Crutchlow coba memberikan tekanan pada Marc Marquez di tikungan pertama. Namun Marquez tetap tenang dan sukses mempertahankan posisi pertama.

Setelah ada di depan, Marquez terus memperlebar jarak dengan Rossi yang membuntuti di posisi kedua. Ketika balapan memasuki lap keempat, Marquez sudah memiliki selisih lebih dari satu detik dengan Rossi.


Jarak Marquez dengan Rossi kemudian meningkat jadi lebih dari dua detik memasuki lap keenam. Rossi sendiri makin didekati oleh Cal Crutchlow dan Jack Miller. Namun Crutchlow kemudian terjatuh saat hendak mendekati Rossi.

Nasib sial dialami Maverick Vinales yang terkena penalti lantaran dianggap melakukan pelanggaran saat start. Selain Vinales, Joan Mir juga terkena hukuman yang sama. Mereka kemudian harus mundur ke posisi paling belakang di balapan ini.

Bencana kemudian mendatangi Marquez saat balapan tersisa 12 lap. Memiliki keunggulan lebih dari tiga detik, Marquez melakukan kesalahan saat melibas tikungan.

Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Amerika Serikat.Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Amerika Serikat. (Foto: AP Photo/Eric Gay)

Marquez coba melanjutkan balapan namun ia kembali terjatuh saat coba menaiki motor Honda RC213V miliknya. Setelah Marquez tersingkir, Rossi ada di depan dengan ancaman dari pebalap Suzuki, Alex Rins ada di posisi kedua. Di sisa 10 lap, Rossi memiliki keunggulan 0,5 detik dari Rins.

Rekan Marquez, Jorge Lorenzo juga tak mampu melanjutkan balapan setelah ia memutuskan keluar lintasan di tikungan 12.

Hingga balapan menyisakan enam lap, Rins terus berupaya memperpendek jarak dengan The Doctor. Rins mencatat waktu lap lebih baik dari Rossi dalam beberapa lap sebelumnya. Rossi masih mengantongi selisih 0,2 detik dari Rins saat balapan tinggal lima lap lagi.
Hasil MotoGP Amerika Serikat: Marquez Kecelakaan, Rins MenangValentino Rossi harus puas duduk di posisi kedua. (AP Photo/Eric Gay)
Rins akhirnya berhasil menyusul Rossi di sisa empat lap jelang finis. Beberapa saat kemudian, Rossi mengambil risiko dengan melakukan pengereman telat untuk menyusul Rins. Rossi memang sesaat menyusul Rins, namun pebalap Suzuki tersebut dengan mudah mengambil alih posisi pertama karena Rossi menjadi agak keluar jalur.

Momentum itu jadi penentu hasil lomba karena Rins langsung melesat dan berhasil menciptakan keunggulan hingga 0,7 detik atas Rossi. Rossi sempat mengancam di dua tikungan akhir, namun Rins berhasil bertahan dan menjadi pebalap pertama yang melintasi garis finis. (ptr/ptr)