5 Drama MotoGP Amerika: Marquez Jatuh, Rossi Gagal Menang

CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 06:15 WIB
5 Drama MotoGP Amerika: Marquez Jatuh, Rossi Gagal Menang Valentino Rossi gagal memenangi balapan MotoGP Amerika Serikat 2019. (JUAN MABROMATA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP Amerika Serikat menyajikan banyak drama, termasuk kecelakaan yang dialami Marc Marquez dan kegagalan Valentino Rossi memenangi balapan.

MotoGP Amerika Serikat awalnya diprediksi bakal berjalan monoton lantaran dominasi Marquez yang sulit terbendung. Pebalap asal Spanyol tersebut adalah juara MotoGP Amerika Serikat pada enam musim sebelumnya dan kembali meraih pole position.

Namun ternyata balapan MotoGP Amerika Serikat berlangsung penuh kejutan. Berikut drama yang terjadi di Circuit of The Americas, Austin:


1. Marc Marquez Kecelakaan

Marc Marquez mengalami nasib sial di Austin. Baby Alien sudah ada di depan dengan keunggulan tiga detik dari Valentino Rossi. Namun Marquez malah melakukan blunder fatal saat melibas tikungan 12. Marquez gagal mengontrol motor dan akhirnya terjatuh keluar lintasan.

Marc Marquez mengalami kecelakaan saat memimpin balapan MotoGP Amerika Serikat.Marc Marquez mengalami kecelakaan saat memimpin balapan MotoGP Amerika Serikat. (Foto: AP Photo/Eric Gay)

2. Valentino Rossi Gagal Menang

Valentino Rossi punya peluang emas untuk jadi juara MotoGP Amerika Serikat setelah Marc Marquez terjatuh. Terlebih, Rossi yang ada di posisi kedua langsung mengambil alih posisi terdepan.

Namun Rossi gagal mempertahankan keunggulan setelah disusul Alex Rins empat lap jelang finis. Rossi pun harus puas dengan posisi runner up.

3. Maverick Vinales Dihukum

Maverick Vinales mendapat hukuman berat setelah melakukan kesalahan saat start. Vinales dianggap melakukan jump start lantaran roda motor miliknya sudah bergerak lebih dulu sebelum balapan dimulai.

Akibat hukuman tersebut, Vinales harus melorot ke posisi belakang dan harus puas finis di posisi ke-11.

Maverick Vinales mendapat hukuman karena dianggap melakukan kesalahan saat start.Maverick Vinales mendapat hukuman karena dianggap melakukan kesalahan saat start. (Foto: JUAN MABROMATA / AFP)

4. Jorge Lorenzo Gagal Finis

Jorge Lorenzo tidak mampu menyelesaikan balapan di MotoGP Amerika Serikat. Lorenzo masih kesulitan menemukan performa terbaik bersama Honda. Dengan catatan tujuh poin dari tiga seri perdana, Lorenzo butuh perubahan besar bila ingin bersaing di papan atas.


5. Andrea Dovizioso Jadi Pemuncak Klasemen

Andrea Dovizioso tidak terlalu impresif di MotoGP Amerika Serikat. Namun, ia berhasil menyudahi seri ini dengan status pemuncak klasemen. Keberhasilan finis di posisi keempat, ditambah kecelakaan yang dialami Marquez dan kegagalan Rossi jadi juara mengantar Dovizioso ada di puncak klasemen dengan keunggulan tiga angka atas Rossi. (ptr)