Messi Payah di Hadapan Setan Merah

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 10:28 WIB
Messi Payah di Hadapan Setan Merah Lionel Messi sudah lima kali bertemu dengan Manchester United. (Action Images via Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi tidak memiliki catatan yang superior jika bertemu Manchester United, termasuk ketika Barcelona bermain pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/2019.

Megabintang asal Argentina itu sudah lima kali bertemu dengan Manchester United di ajang antarklub Eropa sejak 2008. Dari lima laga tersebut, Messi hanya mencetak dua gol.

Jika dibandingkan dengan klub-klub Inggris lain, produktivitas Messi tergolong rendah ketika menghadapi Man United. La Pulga mencetak tiga gol ke gawang Chelsea, enam gol ketika berhadapan dengan Manchester City, dan membobol gawang Arsenal sebanyak sembilan kali.


Sementara itu, Messi memang belum pernah membobol gawang Liverpool. Namun, Barcelona baru dua kali bersua Liverpool. Sedangkan dalam dua laga lawan Tottenham Hotspur, La Pulga sudah dua kali membobol gawang tim tersebut.

Messi Payah Jika Lawan Manchester UnitedLionel Messi mendapat pengawalan ketat dari pemain Manchester United pada laga pertama hingga dibuat berdarah. (REUTERS/Andrew Yates)
Pertemuan pertama Messi dengan The Red Devils berakhir dengan skor tanpa gol dalam laga semifinal Liga Champions. Kemudian pada laga tandang di Old Trafford, pemain jebolan akademi La Masia itu juga gagal membawa kemenangan sehingga Blaugrana tidak mampu melangkah ke final.

Setelah redup dalam dua laga tersebut, Messi tampil apik ketika menghadapi Man United pada dua laga final. Messi mampu mencetak gol dan menjadi man of the match ketika Barcelona mengalahkan Man United di partai puncak Liga Champions 2008/2009 dan 2010/2011.

Messi Payah Jika Lawan Manchester United
Ketika kembali bertemu Man United pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/2019, Messi kembali kepayahan menghadapi permainan klub pemilik gelar juara terbanyak di Liga Inggris.

Messi memang memegang andil dalam gol tunggal kemenangan Barcelona, tetapi statistik menunjukkan pemilik lima gelar Liga Champions itu tidak berada pada performa terbaik.

Kendati mampu menjadi salah satu pemain yang cukup sering menguasai bola setelah Ivan Rakitic, Arthur, dan Jordi Alba, Messi menjadi pemain dengan akurasi umpan paling buruk di antara seluruh pemain Barcelona.

Sepanjang 90 menit, Messi pun hanya mencatatkan satu tembakan ke gawang. Dengan kemampuan individu yang dimiliki, pemimpin daftar top skor Liga Champions tahun ini dua kali melewati lawan. Jumlah tersebut tidak spesial karena kalah tiga gocekan dibanding Scott McTominay, serta setara dengan Nelson Semedo dan Diogo Dalot. (nva/bac)