Daftar Ketajaman Kaki dan Kepala Ronaldo Bobol Ajax

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 16:28 WIB
Daftar Ketajaman Kaki dan Kepala Ronaldo Bobol Ajax Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Ajax pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/2019. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari enam laga melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions, penyerang Juventus Cristiano Ronaldo sudah mencetak delapan gol melalui kaki kanan, kaki kiri, dan kepala.

Ajax merupakan salah satu kesebelasan yang paling sering dibobol Cristiano Ronaldo di Liga Champions, setelah Juventus dan Bayern Muenchen.

Ronaldo memaksimalkan akurasi dan tenaga kedua kaki serta kemampuan sundulan untuk membawa kemenangan untuk kesebelasan yang dibelanya, Real Madrid dan Juventus, saat melawan Ajax.


Tidak hanya peluang di dalam kotak penalti, Ronaldo juga membobol gawang salah satu klub besar Belanda itu lewat kesempatan dari luar kotak 16.

Pertemuan pertama Ronaldo dengan Ajax pada fase grup Liga Champions 2010/2011 tidak berujung gol bagi CR7 yang masih berkostum Los Blancos.

Cristiano Ronaldo sudah mencetak empat gol di fase gugur Liga Champions 2018/2019. (REUTERS/Massimo Pinca)
Gawang kesebelasan asal Belanda itu pertama kali dibobol Ronaldo pada November 2010. Ketika itu Angel di Maria memberi umpan ke dalam kotak penalti. Ronaldo kemudian melakukan kontrol dengan kaki kanan dan melepas tembakan kaki kiri yang tak bisa dihalau kiper Maarten Stekelenburg.

Pada pertandingan yang sama, berselang 11 menit, Ronaldo sukses mengecoh Stekelenburg dari titik putih dengan tendangan kaki kanan.

Satu musim kemudian, Ronaldo kembali berjumpa dengan Ajax di fase grup. Dalam laga ini pemain Portugal itu menjadi pencetak gol pembuka kemenangan El Real dengan menyambar umpan Karim Benzema dengan kaki kanan.

Fase grup Liga Champions 2012/2013 kembali menjodohkan Madrid dan Ajax. Dalam laga keempat menghadapi Ajax, Ronaldo mencetak tiga gol.

Finishing dari jarak dekat dengan kaki kanan membuka pesta Ronaldo yang dilanjutkan dengan sebuah gol dari luar kotak penalti yang juga dicetak dengan kaki kanan. Sebuah bola cungkil dengan kaki kiri menandai hattrick pemain yang menjadi top skor liga Champions.

Pada pertemuan di musim yang sama, Ronaldo lagi-lagi menyarangkan bola di gawang Kenneth Vermeer setelah menerima umpan Karim Benzema.

Dalam pertemuan terakhir dengan Ajax di leg pertama perempat final Liga Champions musim ini, Ronaldo memanfaatkan kemampuan lompatan untuk menjangkau bola dengan kepala dan menundukkan Andre Onana.

Dari delapan gol yang dicetak ke gawang Ajax, Ronaldo mencetak lima gol dengan kaki kanan, dua gol kaki kiri, dan satu sundulan. Jika dipilah dari area mencetak gol, tujuh gol berasal dari dalam kotak penalti dan hanya satu yang dihasilkan dari luar kotak penalti. (nva/har)