Man United Wajib Cemas Lihat Rekor Kandang Barcelona

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 14:52 WIB
Man United Wajib Cemas Lihat Rekor Kandang Barcelona Barcelona punya rapor bagus saat melawan tim Inggris di Camp Nou. (Reuters / Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool punya rapor yang lebih bagus ketimbang Manchester United saat menghadapi Barcelona di Liga Champions di Camp Nou jelang leg kedua perempat final, Rabu (17/4) dini hari WIB.

Man United diadang rekor buruk saat bermain dengan Barcelona di Camp Nou. Setan Merah tidak pernah menang di Catalonia dalam tiga pertemuan terakhir di Liga Champions sejak 1994/1995.

Di Grup A musim 1994/1995 Man United kalah 0-4, lalu imbang 3-3 ketika berduel di Grup D musim 1998/1999. Sembilan musim berikutnya The Red Devils kembali gagal menang usai bermain 0-0 di Grup D 2007/2008.


Manchester United tidak sendiri dalam memiliki rapor tak pernah menang melawan Barcelona di Camp Nou. Sejumlah tim asal Inggris juga gagal membawa pulang kemenangan dari markas Barcelona.

Newcastle United, Arsenal, Chelsea, Leeds United, Manchester City, hingga Tottenham Hotspur sama-sama belum pernah merasakan kemenangan di stadion berkapasitas hampir 100 ribu penonton itu sejak musim 1994/1995.

Liverpool jadi satu-satunya tim Inggris yang bisa menang di kandang Barcelona di Liga Champions.Liverpool jadi satu-satunya tim Inggris yang bisa menang di kandang Barcelona di Liga Champions. (REUTERS/Phil Noble)
Dikutip dari Daily Mail, di era Liga Champions klub-klub Liga Inggris sudah melakoni 23 pertandingan melawan Barcelona di Camp Nou.

Dari pertandingan-pertandingan tersebut, klub asal Negeri Ratu Elizabeth itu hanya sekali menang, sembilan kali imbang, dan menelan 13 kekalahan.

Satu-satunya kemenangan tersebut hanya milik Liverpool yang mengalahkan Barcelona 2-1 pada babak 16 besar Liga Champions 2006/2007.

Cuma Liverpool yang Bisa Kalahkan Barcelona di Camp Nou
Dalam pertandingan itu Barcelona sempat unggul lebih dulu di menit ke-14 melalui gol Deco usai memanfaatkan umpan Gianluca Zambrotta.

Tetapi tim tamu bisa berbalik unggul dan memenangi pertandingan lewat dua gol dari Craig Bellamy di menit 43' dan John Arne Riise di menit ke-74.

Tidak saja di Liga Champions, The Reds juga menjadi satu-satunya tim Inggris yang bisa menang atas Barcelona di laga tandang di turnamen Eropa lainnya. Liverpool pernah menang 1-0 atas Barcelona di Camp Nou di leg pertama semifinal Piala UEFA 1976 lewat gol John Toshack di menit ke-13. (sry/har)