Juventus Superior Lawan Ajax di Kandang Sendiri

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 19:32 WIB
Juventus Superior Lawan Ajax di Kandang Sendiri Juventus punya rapor apik di kandang saat jamu Ajax. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juventus di atas angin saat melawan Ajax Amsterdam di Stadion Allianz, Rabu (17/4) dini hari WIB, di leg kedua perempat final Liga Champions karena punya catatan bagus saat menjamu raksasa Liga Belanda tersebut.

Berdasarkan catatan UEFA, di turnamen Eropa Si Nyonya sudah lima kali menjamu Ajax, dengan tiga di antaranya di Lihga Champions.

Dari lima pertandingan kandang saat melawan Ajax, Juventus tidak pernah terkalahkan dengan meraih tiga kemenangan.


Tiga kemenangan Juventus atas Ajax dua di antaranya didapat di Liga Champions, satu kemenangan lainnya terjadi di Liga Europa.

Bianconeri kali pertama menjamu Ajax di Piala UEFA pada leg pertama babak ketiga musim 1974/1975. Dalam pertandingan di Turin, Juventus menang 1-0 berkat gol Oscar Damiani.

Juventus tiga kali menang atas Ajax di kandang sendiri.Juventus tiga kali menang atas Ajax di kandang sendiri. (REUTERS/Alberto Lingria)
Di musim 1974/1975 Juventus melangkah ke babak berikutnya meski kalah 1-2 di leg kedua di kandang Ajax. Juventus lolos berkat produktivitas gol tandang.

Rapor Juventus tidak terkalahkan di kandang saat melawan Ajax berlanjut di musim 1977/1978. Saat bertemu Ajax di perempat final Liga Champions Juventus ditahan imbang 1-1.

Tanpa ada pemenang dalam leg kedua perempat final Liga Champions itu, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu dan adu penalti karena agregat yang sama 2-2 setelah kedua tim bermain 1-1 di leg pertama. Di babak adu penalti Juventus menang 3-0 dan lolos ke semifinal.

Kemenangan kedua diraih Juventus dengan mengalahkan Ajax 4-1 di babak semifinal Liga Champions 1996/1997. Empat gol Juventus dikemas Lombardo, Vieri, Amoruso, dan Zinedine Zidane. Satu-satunya balasan Ajax dibuat Melchiot.

Juventus Superior Lawan Ajax di Kandang Sendiri
Juventus tetap perkasa atas Ajax pada musim 2004/2005. Di fase grup Liga Champions musim tersebut Juventus menang tipis 1-0 di kandang sendiri lewat gol Zalayeta.

Akan tetapi, saat kedua tim kembali bersua di babak 32 besar Liga Europa, Juventus kembali ditahan imbang De Godenzonen, 0-0. Beruntung Juventus tetap bisa melangkah lebih jauh di turnamen itu lantaran menang 2-1 di kandang Ajax.

Dengan kembali menjamu Ajax pada Rabu dini hari WIB, peluang Juventus ke semifinal Liga Champions cukup terbuka berdasarkan sejarah pertemuan kedua tim.

tetapi, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga perlu tetap waspada mengingat Ajax bisa mengalahkan Real Madrid 4-1 di Santiago Bernabeu di babak sebelumnya. (sry/jun)