Selebrasi Tutup Kuping, Pesan Coutinho untuk Publik Camp Nou

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 11:30 WIB
Selebrasi Tutup Kuping, Pesan Coutinho untuk Publik Camp Nou Philippe Coutinho melakukan selebrasi tutup kuping usai membobol gawang Manchester United. (LLUIS GENE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Barcelona Philippe Coutinho diklaim mengirim pesan untuk para pengkritik dengan melakukan selebrasi tutup kuping saat mengalahkan Manchester United 3-0 pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (17/4) dini hari WIB.

Coutinho menjadi salah satu pencetak gol Barcelona saat mengalahkan Man United. Mantan pemain Liverpool untuk menciptakan gol spektakuler pada menit ke-61 dengan tendangan dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok kiri atas gawang David de Gea.

Usai mencetak gol, Coutinho melakukan selebrasi dengan menutup lubang kuping dengan jari. Setelah menutup kuping, Coutinho tertangkap kamera mengumpat. Dua media olahraga ternama Spanyol, Marca dan AS, meyakini selebrasi itu dilakukan Coutinho untuk membalas kritikan dari sebagian suporter Barcelona.


Coutinho mendapat banyak kritikan dari publik Camp Nou sejak dibeli dari Liverpool dengan rekor transfer klub £105 juta pada Januari 2018. Winger 26 tahun itu dianggap tidak mampu mengimbangi rekor transfer dengan penampilan yang konsisten.

Philippe Coutinho mencetak gol spektakuler ke gawang Manchester United.Philippe Coutinho mencetak gol spektakuler ke gawang Manchester United. (REUTERS/Susana Vera)
"Setelah Coutinho membuat Barcelona unggul 3-0 pada menit ke-61, sang gelandang menutup kedua kuping dengan jari, seperti mengindikasikan dia tidak mendengar kritikan yang dia dapat dari publik Camp Nou," tulis Marca.

Coutinho belakangan dikabarkan sejumlah media di Spanyol dan Inggris akan dijual Barcelona akhir musim ini. Mantan pemain Inter Milan itu menjadi pilihan kedua pelatih Ernesto Valverde di belakang Ousmane Dembele.

Selebrasi Tutup Kuping, Pesan Coutinho untuk Publik Camp Nou
"Gestur Coutinho, menutup kuping ketika suporter memberikan tepuk tangan dan kemudian terlihat marah kepada penonton. Dengan besarnya harapan terhadap Coutinho sejak dia pindah dengan nilai transfer tinggi, para suporter sudah menyatakan kalau mereka tidak puas dengan penampilannya," tulis AS.

Puluhan ribu suporter Barcelona bertepuk tangan ketika Coutinho digantikan Dembele pada menit ke-81. Namun, tepuk tangan itu diyakini diberikan untuk Dembele yang kembali bermain setelah empat pekan absen karena cedera.

Barcelona sendiri lolos ke semifinal Liga Champions berkat kemenangan agregat 4-0 atas Man United. (har/nva)