Hasil Piala AFC: PSM Kalahkan Kaya Iloilo 2-1

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 15:57 WIB
Hasil Piala AFC: PSM Kalahkan Kaya Iloilo 2-1 PSM Makassar mengalahkan Kaya FC Iloilo 2-1 dalam laga lanjutan Piala AFC 2019. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar mengalahkan wakil Filipina Kaya FC Iloilo 2-1 pada laga keempat Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (17/4).

Kemenangan ini membuat Tim Juku Eja menempati puncak klasemen sementara Grup H. PSM yang mengoleksi delapan poin unggul tiga poin dari Kaya yang nangkring di peringkat kedua.


PSM yang bertindak sebagai tamu berhasil unggul 1-0 di laga ini. Gol PSM dijaringkan gelandang petarung, Rizky Pellu, pada menit ke-21.


Tim asuhan Darije Kalezic kemudian menggandakan skor menjadi 2-0 hanya tiga menit setelah gol Pellu. Umpan terukur Beny Wahyudi disambut Markkanen yang dengan tenang membobol gawang Louie Casas lewat tembakan dari sudut sempit.

PSM semakin nyaman dalam bermain setelah unggul 2-0. Sementara Kaya FC kesulitan untuk mengembangkan permainan dan menciptakan gol untuk memperkecil skor pertandingan.

PSM bahkan mendapatkan peluang melalui Pluim pada masa injury time babak pertama. Namun, tembakannya dari dalam kotak penalti masih bisa diblok pemain belakang Kaya.

Hasil Piala AFC: PSM Kalahkan Kaya Iloilo 2-1PSM Makassar meraih kemenangan kedua di Piala AFC 2018. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Di awal babak kedua, PSM harus bermain dengan 10 orang setelah Abdul Rahman mendapatkan kartu kuning kedua karena melanggar penyerang Kaya, Jordan Mintah.

Kartu merah yang diterima Abdul Rahman membuat Kaya lebih berani keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan.

Peluang terbaik pun didapat tuan rumah melalui Darryl Roberts. Hanya saja, tendangannya dari jarak dekat di dalam kotak penalti bisa digagalkan Rivky dan bola kemudian membentur mistar gawang PSM.

Hasil Piala AFC: PSM Kalahkan Kaya Iloilo 2-1
Rivky kembali menjadi sosok pembeda di bawah mistar PSM. Mantan pemain Semen Padang itu berhasil menggagalkan dua peluang yang didapat Kaya.

Di masa injury time, Kaya harus bermain dengan 10 orang setelah Soriano diusir wasit karena dengan sengaja menendang perut Klok yang terjatuh usai duel perebutan bola.

Jelang akhir laga, Kaya mendapatkan hadiah penalti setelah pemain PSM melakukan pelanggaran di kotak 12 pas. Bedic yang menjadi eksekutor berhasil membobol gawang PSM. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Kaya FC Iloilo: Louie Casas; Tyler Matas, Masanari Omura, Shirmar Felongco, Jalsor Soriano; Marwin Angeles, Jovin Bedic, Alfred Osei, Connor Tacagni; Jordan Mintah, Darryl Roberts

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Abdul Rahman, Munhar, Taufik Hidayat; Muhammad Arfan, Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Muhammad Rachmat, Eero Markkanen (jun)


BACA JUGA