Saham Juventus Anjlok usai Tersingkir dari Liga Champions

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 20:52 WIB
Saham Juventus Anjlok usai Tersingkir dari Liga Champions Saham Juventus anjlok usai tersingkir dari Liga Champions. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saham Juventus turun drastis lantaran tersingkir dari Liga Champions setelah dikalahkan Ajax Amsterdam 2-1 di leg kedua perempat final di Stadion Allianz, Rabu (17/4) dini hari WIB.

Juventus gagal lolos ke babak semifinal Liga Champions karena kalah agregat 2-3 dari Ajax. Juventus ditahan imbang De Godenzonen 1-1 di leg pertama di Johan Cruijff Arena. Namun di leg kedua justru Ajax yang mendapatkan hasil lebih bagus.

Bianconeri sempat unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-28 berkat assist Miralem Pjanic. Tetapi skuat muda Ajax bisa bangkit dan membalikkan kedudukan melalui gol Donny van de Beek serta Matthijs de Ligt.


Hasil buruk di Liga Champions ternyata memberikan dampak kepada bisnis Si Nyonya Tua. Dikutip dari CNBC, di bursa efek di Milan saham Juventus anjlok hingga 17,3 persen pada Rabu (17/4) waktu setempat.

Harga per lembar saham Juventus yang awalnya berada di angka €1,39 turun menjadi €1,27 pada pukul 08.30 waktu setempat.

Ajax mengalami kenaikan saham terbesar sepanjang sejarah klub.Ajax mengalami kenaikan saham terbesar sepanjang sejarah klub. (REUTERS/Massimo Pinca)
Kondisi sebaliknya terjadi pada Ajax. Saham tim asuhan Erik Ten Hag itu naik 8,5 persen yang merupakan kenaikan tertinggi dalam sejarah klub dengan harga per lembar saham mencapai €18,60. Dengan kenaikan tersebut nilai klub Ajax kini mencapai €300 juta.

Pada Januari 2019 Juventus berada di peringkat ke-11 dalam daftar tahun klub sepak bola terkaya di dunia versi Deloitte dengan nilai mencapai €350. Nilai itu menjadikan Juventus sebagai klub terkaya di Italia. Sementara Ajax berada di luar 20 besar daftar Deloitte.

Saham Juventus Anjlok usai Tersingkir dari Liga Champions
Dengan tersingkir kegagalan melangkah ke semifinal, Juventus harus menunggu lebih lama lagi untuk kembali menjadi juara Liga Champions setelah terakhir kali meraihnya pada 1995/1996 atau 23 tahun silam.

Mimpi Juventus juara Liga Champions hampir tercapai pada musim 2014/2015 dan 2016/2017 saat mencapai babak final. Namun keinginan itu urung terjadi usai kalah 1-3 dari Barcelona serta takluk 1-4 dari Real Madrid. (sry/jun)