Fakta Terlupakan: Tottenham Tak Beli Pemain Musim Ini

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 13:43 WIB
Fakta Terlupakan: Tottenham Tak Beli Pemain Musim Ini Tottenham Hotspur tidak membeli pemain di dua jendela transfer. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tottenham Hotspur lolos ke semifinal Liga Champions dengan fakta yang mencengangkan, yakni sebagai satu-satunya klub dalam sejarah yang tidak melakukan pembelian pemain dalam dua jendela bursa transfer.

Tottenham kalah 3-4 dari Manchester City pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis (18/4) dini hari WIB. Namun, Tottenham tetap lolos ke semifinal dengan keunggulan gol tandang dalam agregat kedua leg pertandingan 4-4.

Ini adalah kali kedua Tottenham lolos ke semifinal Liga Champions setelah pada musim 1961/1962. The Lilywhites juga menjadi tim Inggris ketujuh yang berhasil lolos ke semifinal Liga Champions setelah Arsenal, Chelsea, Leeds United, Manchester United, Manchester City, dan Liverpool.


Keberhasilan Tottenham lolos ke semifinal Liga Champions musim ini merupakan prestasi luar biasa. Mengingat tim asuhan Mauricio Pochettino tidak melakukan pembelian pemain musim ini.

Mauricio Pochettino berhasil membawa Tottenham ke semifinal Liga Champions tanpa membeli pemain.Mauricio Pochettino berhasil membawa Tottenham ke semifinal Liga Champions tanpa membeli pemain. (REUTERS/Andrew Yates)
Dikutip dari AP, Tottenham merupakan tim pertama dalam sejarah yang tidak melakukan pembelian pemain di dua jendela transfer sejak sistem bursa transfer kali pertama diperkenalkan pada 16 tahun lalu.

Musim ini Tottenham justru kehilangan tujuh pemain, termasuk Mousa Dembele yang dijual ke Guangzhou R&F dengan nilai transfer £11 juta pada bursa transfer Januari 2019. Pemain terakhir yang dibeli Tottenham adalah Lucas Moura, yang didatangkan dari Paris Saint-Germain pada 31 Januari 2018.

Fakta Terlupakan: Tottenham Tak Beli Pemain Musim Ini
Tottenham sebenarnya memiliki sejumlah target pembelian pada dua bursa transfer sebelumnya. Namun manajemen klub gagal meyakinkan pemain incaran untuk berlabuh di London, termasuk Jack Grealish dari Aston Villa dan Layvin Kurzawa dari Paris Saint-Germain.

Kredit pantas diberikan kepada manajer Tottenham Mauricio Pochettino yang mampu The Lilywhites melangkah hingga ke babak semifinal. Dengan komposisi pemain yang tidak berubah, ditambah Harry Kane absen karena cedera, pelatih asal Argentina itu sukses membawa Tottenham untuk kali pertama sejak 1962 lolos ke semifinal Liga Champions.

Peluang Tottenham melangkah ke final Liga Champions terbilang cukup besar karena akan menghadapi Ajax Amsterdam. Tottenham sendiri tidak pernah meraih gelar mayor sejak menjadi juara Piala Liga Inggris pada 2008. (har/nva)