Singkirkan Man City, Llorente Mengaku Handball

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 18:37 WIB
Singkirkan Man City, Llorente Mengaku <i>Handball</i> Momen ketika Fernando Llorente mencetak gol ke gawang Manchester City. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Tottenham Hotspur Fernando Llorente mengaku bola mengenai tangannya sebelum mencetak gol penentu yang membuat Manchester City tersingkir di perempat final Liga Champions, Kamis (18/4) dini hari WIB.

Masuk di babak kedua, Llorente mencetak gol ketiga Tottenham saat melawan Man City pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Etihad. Memanfaatkan sepak pojok Christian Eriksen, Llorente mencetak gol menggunakan paha bagian kanan.

Gol tersebut sempat diprotes para pemain Man City hingga wasit asal Turki Cuneyt Cakir memutuskan untuk melihat VAR. Cakir kemudian mengesahkan gol Llorente karena menganggap bola tidak mengenai tangan pemain asal Spanyol tersebut.


Usai laga di Stadion Etihad, manajer Man City Pep Guardiola tetap menganggap Llorente melakukan handball sebelum mencetak gol. Meski begitu Guardiola menerima keputusan wasit.

Gol Fernando Llorente memastikan langkah Tottenham ke semifinal Liga Champions.Gol Fernando Llorente memastikan langkah Tottenham ke semifinal Liga Champions. (REUTERS/Andrew Yates)
"Mungkin dari gambar yang dilihat wasit tidak terjadi handball, tapi dari sisi lain itu adalah handball. Ini hasil menyakitkan, tapi kami harus menerimanya," ujar Guardiola.

Dikutip dari AS, Llorente mengaku bola mengenai tangannya sebelum masuk ke gawang. Namun, penyerang 34 tahun itu menganggap wasit Cakir sudah mengambil keputusan yang tepat.

Singkirkan Man City, Llorente Mengaku <i>Handball</i>
"Saya merasakannya, sedikit, bola mengenai tangan. Tapi, tangan saya sangat dekat dengan bola dan saya tidak melihat datangnya bola. Saya tidak berusaha mencetak gol menggunakan tangan dan saya pikir gol itu sah," ucap Llorente.

Gol Llorente memastikan langkah Tottenham ke semifinal lewat keunggulan gol tandang. Man City sempat mencetak gol saat injury time melalui Raheem Sterling, tapi gol itu dianulir wasit Cakir karena Sergio Aguero dalam posisi offside sebelum mengirim umpan ke Sterling.

Llorente mengaku bangga bisa membawa Tottenham ke babak semifinal. Penyerang yang merebut Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 itu senang bisa menjawab kepercayaan yang diberikan manajer Mauricio Pochettino menyusul cedera yang dialami Harry Kane.

"Saya sangat bangga karena ini tidak mudah. Masuk lapangan di pertandingan penuh tekanan, momen yang sulit, tapi saya selalu percaya diri, dengan kesempatan yang didapat. Ini [mencetak gol] adalah tugas saya," ujar Llorente. (har/jun)