Fakta: Klub Inggris Kuasai Semifinal Eropa, Liverpool Juara

CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 09:31 WIB
Fakta: Klub Inggris Kuasai Semifinal Eropa, Liverpool Juara Liverpool melaju ke semifinal Liga Champions 2018/2019 usai mengalahkan Porto. (REUTERS/Miguel Vidal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klub Inggris menguasai semifinal kompetisi Eropa pada musim ini. Kali terakhir klub-klub Inggris mendominasi semifinal kompetisi Benua Biru, Liverpool mengangkat trofi Liga Champions.

Keberhasilan Arsenal dan Chelsea meraih kemenangan dan meraih tiket semifinal Liga Europa melanjutkan dominasi perwakilan Liga Inggris di Eropa. Sebelumnya Liverpool dan Tottenham Hotspur sudah lebih dulu memastikan langkah ke babak empat besar Liga Champions.

Menurut data statistik yang dirilis Opta, kali terakhir Inggris menguasai babak semifinal kompetisi Eropa terjadi pada musim 1983/1984. Sama seperti musim ini, terdapat empat klub pada semifinal turnamen sepak bola antarklub Eropa.



Ketika itu Liverpool menjadi wakil Inggris di semifinal Liga Champions yang masih bernama Piala Champions, sementara Tottenham Hotspur dan Nottingham Forrest berlaga di semifinal Piala UEFA yang menjadi cikal bakal Liga Europa. Satu klub lagi, Manchester United, masuk semifinal Piala Winners.

Dari empat kesebelasan Inggris yang berada di babak semifinal, hanya Liverpool dan Tottenham Hotspur yang berhasil menembus partai puncak. The Reds kemudian tampil sebagai juara Liga Champions dan The Lilywhites menjadi kampiun Piala UEFA.

Fakta: Klub Inggris Kuasai Semifinal Eropa, Liverpool JuaraLiverpool tampil di semifinal Liga Champions dalam dua musim terakhir. (REUTERS/Andrew Boyers)
Musim ini, Liverpool dan Tottenham akan bersaing di ajang Liga Champions. Kedua klub tersebut bahkan dapat menciptakan final sesama klub Inggris jika Jordan Henderson dan kawan-kawan mengalahkan Barcelona dan anak asuh Mauricio Pochettino menumbangkan Ajax.

Fakta: Klub Inggris Kuasai Semifinal Eropa, Liverpool Juara
All English final juga bisa terjadi di Liga Europa. Arsenal dan Chelsea dapat bertemu di partai pamungkas. Pada babak semifinal Arsenal bertemu Valencia dan Chelsea berhadapan dengan Eintracht Frankfurt.

Babak semifinal Liga Champions dan Liga Europa musim ini akan berjalan beriringan. Leg pertama semifinal Liga Champions berlangsung pada 30 April dan 1 Mei. Sementara leg pertama semifinal Liga Europa berlangsung pada 2 Mei.

Sedangkan leg kedua semifinal Liga Champions dilangsungkan 7 dan 8 Mei, disusul leg kedua Liga Europa pada 9 Mei.

(nva/nva)