Asosiasi Belanda Bantu Ajax Juara Liga Champions

sry, CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 19:45 WIB
Asosiasi Belanda Bantu Ajax Juara Liga Champions Jelang lawan Tottenham Ajax dapat bantuan Eredivisie. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Sepak Bola Belanda lewat Eredivisie atau level elite Liga Belanda membantu Ajax Amsterdam dalam mempersiapkan diri jelang melawan Tottenham Hotspur di semifinal Liga Champions.

Ajax akan melakoni laga tandang lebih dulu ke Stadion Tottenham Hotspur pada Selasa (30/4) waktu setempat, pada leg pertama semifinal Liga Champions.

Jelang pertandingan itu Ajax dijadwalkan memiliki tiga pertandingan di Eredivisie. Klub berjuluk De Godenzonen itu melawan Groningen pada Sabtu (20/4), Vitesse Arnheim pada Selasa (23/4), dan tim yang tengah berjuang keluar dari degradasi, De Graafschap pada Minggu (28/4) atau dua hari jelang lawan Tottenham di London.


Akan tetapi, lantaran Ajax menjadi satu-satunya tim asal Belanda yang tersisa di kompetisi Eropa, Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) memberikan keistimewaan untuk tim asuhan Erik Ten Hag tersebut.

Jadwal terakhir Ajax jelang lawan Tottenham saat bertemu De Graafschap ditunda. Tidak saja Ajax vs De Graafschap yang ditunda, tetapi juga pertandingan-pertandingan di pekan itu ditiadakan.

Tottenham menghadapi West Ham tiga hari sebelum lawan Ajax.Tottenham menghadapi West Ham tiga hari sebelum lawan Ajax. (REUTERS/Andrew Yates)
Di bulan April ini pertandingan Eredivisie berakhir pada Kamis (25/4), dan kompetisi dilanjutkan kembali pada 15 Mei. Dengan penundaan liga selama tiga pekan, berakhirnya kompetisi Eredivisie berpeluang mengalami pengunduran.

Meski demikian, bantuan dari Eredivisie itu sempat mendapat penolakan dari beberapa klub. Akan tetapi, Presiden KNVB Eric Gudde tetap bersikeras untuk mendukung Ajax agar juara di Eropa.

"Kami mencari semua cara untuk memindahkan pertandingan agar Ajax bisa melangkah sejauh mungkin di Liga Champions," ujar Gudde dikutip dari Mirror.

Eredivisie Bantu Ajax Hadapi Tottenham di Liga Champions
Gudde mengaku telah memberitahu rencana itu kepada semua klub. Kemarahan dari beberapa klub dianggap Gudde sebagai hal yang wajar.

"Saya menghargai itu. Ini tidak saja membantu Ajax. Ini dilakukan untuk membantu sepak bola Belanda secara keseluruhan, karena sukses di Eropa itu sangat berarti," tutur Gudde.

Dukungan Ererdivisie untuk Ajax bertolak belakang dengan apa yang diterima Tottenham. Klub berjuluk The Lilywhites itu masih harus bertanding melawan West Ham United pada Sabtu (27/4) atau tiga hari jelang lawan Ajax.

Leg kedua semifinal Liga Champions antara Ajavs Tottenham digelar 8 Mei di Stadion johan Cruijff Arena. (nva)