Son Heung-min, Ancaman Man City Juara Liga Inggris

CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 20:48 WIB
Son Heung-min, Ancaman Man City Juara Liga Inggris Son heung-min sudah cetak empat gol ke gawang Man City. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Tottenham Hotspur asal Korea Selatan Son Heung-min menjadi ancaman baru bagi Manchester City jelang pertemuan kedua tim di Liga Primer Inggris di Stadion Etihad.

Man City wajib meraih kemenangan atas Tottenham untuk mengamankan peluang mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris. Namun The Citizens juga patut waspada dengan ancaman Tottenham melalui Son Heung-min.

Son Heung-min yang merupakan mantan pemain Bayer Leverkusen itu perlahan menjelma menjadi momok bagi Man City. Pemain 26 tahun itu juga yang menyingkirkan Man City dari Liga Champions musim ini.


Menurut statistik Transfermarkt, Son Heung-min sudah delapan kali menghadapi Man City sejak musim 2015/2016. Dari catatan tersebut, Son sudah memberikan empat kemenangan bagi Tottenham dengan mengemas empat gol.

Selain tiga kemenangan di Liga Primer Inggris pada dua laga di musim 2015/2016 dan satu di 2016/2017, Son heung-min juga andil dalam kemenangan The Lilywhites di leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/2019 lewat gol tunggalnya di menit ke-72.

Dua gol Son Heung-min di leg kedua bikin Man City tersingkir dari Liga Champions.Dua gol Son Heung-min di leg kedua bikin Man City tersingkir dari Liga Champions. (REUTERS/Phil Noble)
Gol semata wayang Son Heung-min itu memberikan keuntungan untuk tim asuhan Mauricio Pochettino di leg kedua. Meski kalah 3-4, Tottenham tetap melaju ke babak berikutnya karena unttuk produktivitas gol tandang.

Dari tiga gol yang dicetak Tottenham di markas Man City pada leg kedua perempat final tersebut, Son Heung-min menyumbang dua gol. Dua gol Son Heung-min di menit ketujuh dan ke-10 membuat Tottenham membalikkan kedudukan menjadi 2-1 usai gol Raheem Sterling.

Son Heung-min, Ancaman Man City Juara Liga Inggris
Beruntung bagi Spurs, setelah tiga gol tambahan dari Man City lewat Bernardo Silva, Sterling, dan Sergio Aguero, Tottenham meraih tiket semifinal setelah Fernando Llorente cetak gol.

Selain tiga gol ke gawang man City yang dicetak di Liga Champions, satu gol Son Heung-min lainnya dibuat di Liga Inggris musim 2016/2017 saat kedua tim bermain imbang 2-2.

Meski begitu, catatan Son Heung-min saat bersua Man City masih lebih bagus dibandingkan dengan torehan Harry Kane. Kane yeng sejauh ini dianggap sebagai salah satu striker terbaik baru mencetak dua gol ke gawang Man City dalam 9 pertandingan.

Gol-gol Kane ke gawang Manchester biru terjadi di musim 2015/2016 di dua pertemuan Man City vs Tottenham di Liga Primer Inggris. Dengan absennya Kane karena cedera ligamen, Son Heung-min bisa jadi andalan Mauricio Pochettino untuk menjegal langkah Man City mempertahankan gelar juara Liga Inggris yang kini tengah bersaing dengan Liverpool. (sry/sry)