Klasemen Grup G Piala AFC: Peluang Persija Makin Kecil

CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 18:39 WIB
Klasemen Grup G Piala AFC: Peluang Persija Makin Kecil Peluang Persija ke babak gugur makin berat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta terancam gagal lolos ke babak gugur Piala AFC setelah kalah 3-2 dari wakil Filipina, Ceres Negros, 2-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam lanjutan laga Grup G, Selasa (23/4).

Persija membuang kesempatan meraih poin penuh setelah menelan kekalahan kedua di fase grup. Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri Macan Kemayoran justru kehilangan tiga poin.

Tim asuhan Ivan Kolev sempat unggul 2-0 lebih dulu lewat gol Sandi Sute di menit ke-49 memanfaatkan assist Ismed Sofyan dan gol Bruno Matos berkat umpan Noveri Setiawan di menit ke-57.


Akan tetapi, Ceres Negros bisa membalikkan kedudukan di sisa pertandingan lewat gol Miguel Tanton (70'), Bienvenido Maranon (85'), dan Mike Ott di menit injury time. Persija bisa saja terhindar dari kekalahan apabila Burno Matos tidak gagal mengeksekusi penalti di menit ke-20.

Kekalahan dari Ceres Negros adalah yang kedua bagi Persija di Piala AFC musim ini setelah kalah 0-1 klub Filipina tersebut di pertemuan pertama, awal April.

Persija bakal melakoni laga berat di sisa pertandingan.Persija bakal melakoni laga berat di sisa pertandingan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dengan kekalahan itu Persija tetap menempati peringkat ketiga klasemen sementara Grup G dengan torehan empat poin dari empat pertandingan. Namun, selisih poin Persija dengan dua tim di atasnya makin jauh.

Klub ibu kota itu kini tertinggal delapan poin dari Ceres Negros dan tiga angka dari Becamex Binh Duong yang meraih kemenangan telak 6-0 atas klub Myanmar, Shan United di pekan sebelumnya.

Kini, Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan menyisakan dua pertandingan, sekali saat bertandang ke markas Binh Duong dan satu lainnya menjamu Shan United.

Klasemen Grup G Piala AFC: Kans Persija Makin Berat
Pertandingan melawan Binh Duong pada 1 Mei nanti akan berlangsung di Stadion Go Dau. Laga tersebut akan berat untuk Persija mengingat Binh Duong juga ingin mengamankan tiga angka demi ke fase gugur. Sementara, laga terakhir melawan Shan United yang merupakan lawan mudah di Grup G wajib dimenangi Persija.

Hanya memiliki empat poin dalam empat pertandingan membuat peluang Persija ke babak semifinal zona ASEAN makin berat karena tidak bisa lolos sebagai juara grup.

Kans Persija lolos langsung ke babak grup tertutup lantaran tidak akan bisa menyalip Ceres Negeros di puncak klasemen yang sudah mengumpulkan 12 poin. Sekalipun menyapu bersih dua laga terakhir, poin maksimal Persija hanya 10, itupun akan 'diadu' kembali atau head to head dengan runner-up dari Grup F dan H untuk mendapatkan runner-up terbaik dari zona ASEAN.

Saat ini runner-up dari Grup F dan Grup H, Hanoi FC serta Home United FC sama-sama mengoleksi 7 poin dari empat pertandingan. Hanoi FC dan Home United akan meladeni laga sulit di dua pertandingan tersisa.

Di Grup F, Hanoi masih harus bertandang ke kaandang Nagaworld yang menempati peringkat ketiga dan menjamu pemuncak klasemen Tampines Rovers. Sedangkan Home United dijamu pemuncak klasemen PSM Makassar dan melawan Kaya Iloilo yang ada di posisi ketiga dengan tertinggal dua poin.

Klasemen Sementara Grup G Piala AFC 2019:
1. Ceres Negros 4 12 poin
2. Becamex Binh Duong 4 7
3. Persija Jakarta 4 4
4. Shan United 4 0 (sry/ptr)