Kalah di Piala AFC, Persija Fokus ke Piala Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 20:34 WIB
Kalah di Piala AFC, Persija Fokus ke Piala Indonesia Persija akan fokus ke Piala Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta memilih untuk konsentrasi ke Piala Indonesia setelah kalaH 2-3 dari Ceres Negros di lanjutan pertandingan Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (23/4).

Kekalahan dari Ceres membuat peluang Macan Kemayoran untuk lolos ke semifinal zona ASEAN makin kecil. Kiper Persija, Andritany Ardhiyasa mengaku sedih atas kekalahan timnya. Ia mengakui Ceres sebagai lawan yang kuat dan bagus.

Andritany yang juga kiper Timnas Indonesia itu mengatakan pemain Macan Kemayoran sempat kehilangan konsentrasi di akhir pertandingan setelah unggul dua gol. Kondisi itu dapat dimanfaatkan Ceres dengan baik untuk mencetak tiga gol balasan dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan.


"Selamat ke Ceres karena memenangkan pertandingan. Saat ini kami harus fokus di Piala Indonesia dan melupakan Piala AFC, walaupun masih ada dua pertandingan lagi," kata Andritany.

Kekalahan ini disebut memberikan pelajaran penting bagi Andritany. Terutama cara menghadapi tim yang hampir semua pemainnya merupakan pemain naturalisasi dari Eropa.

"Ceres tim yang sangat bagus dan mereka datang dengan kekuatan penuh. Di Filipina juga mereka tampil dengan full team. Saya akui mereka tim bagus. Ini jadi pengalaman dan pelajaran buat saya ke depan," ujar Andritany.

Persija menyisakan dua pertandingan di Piala AFC.Persija menyisakan dua pertandingan di Piala AFC. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Sementara, pelatih Persija Ivan Kolev menyebut timnya bakal berjuang sampai detik terakhir untuk bisa lolos ke semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019.

Kekalahan 2-3 dari Ceres Negros FC membuat Tim Macan Kemayoran tetap berada di urutan ketiga klasemen Grup G lewat raihan empat poin. Sedangkan tambahan tiga poin membuat Ceres semakin kokoh di puncak klasemen dengan 12 poin.

Hanya juara di tiga grup ditambah satu runner up terbaik yang bisa lolos ke semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2019. Kegagalan meraih tiga poin atas Ceres membuat peluang Persija ke babak berikutnya makin kecil.

Selain wajib meraih dua kemenangan beruntun di sisa dua pertandingan, Macan Kemayoran juga bakal head to head dengan runner up dari Grup F dan H.

Kalah di Piala AFC, Persija Fokus ke Piala Indonesia
Selanjutnya, Tim Ibu Kota bakal menghadapi Becamex Binh Duong di Go Dau Stadium, Rabu (1/5) serta melakoni laga kandang melawan Shan United pada 15 Mei mendatang.

"Kami pasti berjuang sampai menit terakhir pertandingan. Tanggal 1 [Mei] main di Vietnam itu laga hidup mati kami di sana. Kami harus curi tiga poin di sana," ucap Kolev usai pertandingan.

Kolev juga berharap bisa memperbaiki kinerja di lini depan yang selama hampir tiga bulan terakhir ditinggalkan Marko Simic. Pelatih asal Bulgaria juga juga menyoroti penampilan Silvio Escobar yang dinilai tidak efektif.

Berdasarkan informasi yang didapat Kolev, Simic seharusnya sudah kembali ke Indonesia pekan ini. Namun, sampai detik ini belum ada tanda-tanda kepulangan striker asal Kroasia tersebut ke Persija.

"Tentu kami tunggu dia [Simic], karena dia tidak salah, dan dia bisa bantu tim. Saat ini, mencari striker baru itu tidak mudah. Escobar, dia main enam pertandingan dan tidak ada satu pun tembakan ke gawang dan tidak ada peluang mencetak gol. Ini masalah besar, tapi secepatnya kami akan cari solusi sambil menunggu Simic kembali," tutur Kolev. (TTF/ptr)