Jadwal Bentrok, Persija Batal Buka Liga 1 2019

CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 00:00 WIB
Jadwal Bentrok, Persija Batal Buka Liga 1 2019 Persija Jakarta akan mengikuti tiga kompetisi, Liga 1, Piala Indonesia, dan Piala AFC. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara bertahan Liga 1 Persija Jakarta dipastikan batal melakoni laga pembuka kompetisi sepak bola tertinggi pada tahun ini yang diundur dari semula 8 Mei menjadi 15 Mei 2019.

Skuat Macan Kemayoran sudah dijadwalkan menjalani laga kandang di ajang Piala AFC menjamu Shan United asal Myanmar pada 15 Mei 2019.

Direktur Utama Persija Kokoh Afiat kepada CNNIndonesia.com mengatakan tidak masalah dengan perubahan jadwal kick-off Liga 1 yang dibuat operator PT Liga Indonesia Baru (LIB).


"Kami ada pertandingan di Piala AFC, jadi mungkin di tanggal 15 [Mei] kami tidak bisa membuka Liga 1 karena kita tuan rumah di Piala AFC. [Soal perubahan jadwal] kalau kami tidak masalah," kata Kokoh usai rapat pemilik klub dengan LIB di Hotel Sultan, Rabu (24/4).

Jadwal Bentrok, Persija Batal Buka Liga 1 2019Persija Jakarta berlaga di Piala AFC. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Meski begitu, pengunduran jadwal kick-off Liga 1 2019 dianggap Kokoh menguntungkan buat Persija. Terutama untuk mengurus perizinan menyelenggarakan pertandingan di wilayah DKI Jakarta yang disebut Kokoh agak sulit.

"Buat Persija mundur ini jadi bagus. Jadwal [draf Liga 1 2019] kemarin padat. Draf jadwal pasti berubah ya, kita lihat nanti. Jadwal tidak sama, otomatis mundur. Tapi tadi [rapat] tidak membahas perubahan draf, hanya perubahan kick off saja," ujar Kokoh.

Jadwal Bentrok, Persija Batal Buka Liga 1 2019
Meski jadwal mundur, Kokoh menyebut Liga 1 2019 tetap bakal selesai di tahun yang sama merujuk pada rapat dengan PT LIB.

Persija hingga kini masih menunggu draf jadwal baru itu diperlukan Persija untuk mengurus penjadwalan perizinan SUGBK sebagai kandang utama Macan Kemayoran musim ini. Kokoh menyebut sebelumnya sudah menyerahkan draf jadwal Persija kepada Pusat Pengelola Kawasan (PPK) GBK.

"Kemarin saya baru bicara ke GBK dan sudah menyerahkan jadwal. Tapi karena ada perubahan jadwal ini, baru kita urus perizinan. Opsi utamanya GBK, kita lihat saja. Berat juga kalau semua pertandingan dimainkan di GBK."

"Saya maunya masih di GBK musim depan. Ingin Persija banyak main di GBK karena itu lebih baik buat Persija. Jumlah penonton terakomodasi terutama untuk pertandingan besar," jelasnya. (ttf)