Man United Diejek Pakai Formasi 1-1-1-1-3-3

CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 15:45 WIB
Man United Diejek Pakai Formasi 1-1-1-1-3-3 Pertahanan Man United jadi bahan ejekan saat lawan Man City. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Formasi Manchester United melawan Manchester City saat kalah 0-2 di Stadion Old Trafford dalam laga Liga Primer Inggris, Kamis (25/4) dini hari WIB, jadi bahan ejekan di dunia maya.

Peluang Man United ke Liga Champions musim depan makin kecil setelah dipermalukan Man City di kandang sendiri. Kekalahan dari rival sekota tersebut jadi yang ketiga beruntun di semua kompetisi atau yang kedua di Liga Primer.

Dikutip dari Sportbible, permainan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer dalam laga tersebut jadi sorotan pecinta sepak bola di dunia jejaring sosial Twitter. Para fan itu memperhatikan formasi Setan Merah yang tidak lazim digunakan klub-klub sepak bola, 1-1-1-1-3-3.


Formasi dengan satu pemain belakang itu bukan skema sebenarnya yang dipakai Solskjaer. Manajer asal Norwegia tersebut menggunakan 5-3-2 sejak menit awal, lalu berganti menjadi 5-4-1 di babak kedua.

Tetapi saat hendak mengantisipasi serangan balik The Citizens yang dibangun Raheem Sterling untuk terciptanya gol kedua lewat Leroy Sane di menit ke-66, Man United terlihat seperti menggunakan satu bek.

Man United dua kali kalah dalam Derby Manchester di musim ini.Man United dua kali kalah dalam Derby Manchester di musim ini. (REUTERS/Phil Noble)
Tiga bek tengah MU: Matteo Darmian, Chris Smalling, dan Victor Lindelof yang awalnya berdiri sejajar secara horizontal justru membentuk pertahanan vertikal. Sedangkan Jesse Lingard yang mencoba membantu pertahanan justru berada di belakang Lindelof.

Gaya bertahan tegak lurus itu akhirnya jadi bahan ejekan di Twitter. Bahkan ada pemilik akun jejaring sosial berlogo burung itu yang mengibaratkan MU bermain dengan formasi pohon Natal.

MU Pakai Formasi 1-1-1-1-3-3 Saat Lawan City
"Pertahanan empat bek berbentuk vertikal. Inovasi dalam taktik, gaya Man United," tulis James Nalton.





"Bagus, melihat kami [Man United] mempopulerkan formasi 1-1-1-1-3-3 pada malam ini, penampilan yang menyala," akun @McSauceBall menimpali. (sry/har)