Della/Rizki Gagal Ikuti Kevin/Marcus ke Final Kejuaraan Asia

sry, CNN Indonesia | Sabtu, 27/04/2019 17:43 WIB
Della/Rizki Gagal Ikuti Kevin/Marcus ke Final Kejuaraan Asia Della/Rizki gagal ke final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww/18)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganda putri Indonesia Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta gagal mengikuti langkah ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang melangkah ke final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019.

Di babak semifinal Della/Rizki kalah dari pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan 22-20, 21-12 di semifinal di Wuhan Sports Center, Sabtu (27/4).

Della/Rizki tampil apik di gim pertama saat meladeni permainan unggulan keempat tersebut di turnamen ini. Andalan Indonesia tersebut sempat unggul dengan skor 3-1.


Bahkan, pasangan dengan peringkat ke-16 dunia itu bisa menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-8.

Usai interval Della/Rizki masih memegang kendali pertahanan usai unggul 13-10, namun Chen/Jia juga tidak menyerah. Pasangan berperingkat empat dunia itu bisa membalikkan kedudukan menjadi 16-14.

Chen/Jia menominasi permainan di gim kedua.Chen/Jia menominasi permainan di gim kedua. (REUTERS/Andrew Boyers)
Perolehan poin kedua pasangan makin ketat jelang gim pertama berakhir. Della/Rizki bisa menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Tetapi permainan Chen/Jia lebih bagus di poin-poin kritis tersebut dengan meraih dua poin beruntun sekaligus menutup gim dengan keunggulan 22-20.

Permainan Della/Rizki di gim kedua berubah dengan gim pertama. Della/Rizki seperti kesulitan mengantisipasi setiap serangan lawan. Chen/Jia pun dengan mudah unggul tanpa bisa dikejar lawan. Chen/Jia unggul jauh dengan unggul di interval gim kedua, 11-5.

Chen/Jia tampil makin impresif setelah interval dengan meraih empat poin beruntun dan unggul jauh 15-5. Della/Rizki sempat bangkit dan memperkecil kedudukan menjadi 11-15.

Della/Rizki Gagal Ikuti Kevin/Marcus ke Final Kejuaraan Asia
Akan tetapi, ganda putri Indonesia tampak sulit mengimbangi permainan lawannya itu di sisa pertandingan. Chen/Jia menutup pertandingan gim kedua dengan kemenangan 21-12.

Di babak final Chen/Jia akan menghadapi pasangan Jepang yang juga unggulan ketiga, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Di final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019 yang digelar Minggu (28/4), Indonesia hanya menempatkan satu wakilnya Kevin/Marcus dari ganda putra yang akan menghadapi pemenang antara Kang Min-hyuk/Kim Won-ho dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. (sry)