Hasil Kualifikasi F1 GP Azerbaijan: Bottas Rebut Pole

CNN Indonesia | Sabtu, 27/04/2019 22:25 WIB
Hasil Kualifikasi F1 GP Azerbaijan: Bottas Rebut Pole Valtteri Bottas akan memulai lomba F1 GP Azerbaijan dari posisi terdepan. (AAP/Julian Smith/via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, akan memulai balapan Formula 1 GP Azerbaijan di posisi terdepan. Hal itu diketahui setelah Bottas mencatat waktu tercepat dengan 1 menit 40,495 detik dalam sesi kualifikasi ketiga di Sirkuit Baku, Sabtu (27/4) waktu setempat.

Bottas mengungguli rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang sebenarnya lebih dulu menjadi yang tercepat mendekati akhir kualifikasi. Namun, jarak yang terlalu dekat dengan Bottas membuat pebalap asal Inggris itu kehilangan cukup banyak waktu.

Hamilton kehilangan waktu 0,3 detik di sektor pertama. Meski bisa memangkas jarak waktu dengan Bottas, Hamilton tetap kalah 0,059 detik dan harus puas memulai lomba dari posisi kedua di F1 GP Azerbaijan.


Hasil Kualifikasi F1 GP Azerbaijan: Bottas Rebut PolePebalap Ferrari, Charles Leclerc, akan memulai balapan dari posisi kesembilan. (REUTERS/Hamad I Mohammed)
Di posisi berikutnya terdapat nama pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Ia finis ketiga dengan selisih waktu 0,302 dari Bottas.

Sedangkan rekan setim Vettel, Charles Leclerc sebelumnya terlihat sebagai favorit untuk meraih posisi terdepan dalam balapan pada Minggu (28/4). Namun, kesalahan pada sesi kualifikasi kedua membuatnya menabrak tembok pembatas lintasan.

Hasil Kualifikasi F1 GP Azerbaijan: Bottas Rebut Pole
Nasib nahas Leclerc itu membuatnya tidak bisa bersaing dalam babak kualifikasi penentuan posisi start. Alhasil, pebalap asal Monako itu akan memulai lomba dari posisi kesepuluh.

Sementara itu, posisi keempat hingga ke-10 berturut-turut ditempati Max Verstappen, Sergio Perez, Daniil Kyvat, Antonio Giovinazzi, Kimi Raikkonen, dan Leclerc.



(jal/jal)