Joan Mir Seperti Bermimpi Balapan bersama Rossi di MotoGP

CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 20:05 WIB
Joan Mir Seperti Bermimpi Balapan bersama Rossi di MotoGP Pebalap Suzuki Joan Mir mengaku masih seperti mimpi membalap bersama Valentino Rossi di MotoGP 2019. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap rookie MotoGP 2019, Joan Mir, merasa masih seperti bermimpi membalap bersama Valentino Rossi di MotoGP.

Joan Mir termasuk satu dari empat pebalap baru di MotoGP 2019. Ia merupakan pebalap kelahiran 1 September 1997. Pada tahun itu Rossi sudah memulai kariernya di dunia balapan profesional.

"Di tahun kelahiran saya, Valentino Rossi bahkan memenangkan gelar pertamanya [di kelas 125cc], ini hampir seperti surreal [mimpi]," ujar Joan Mir.


Sukses Joan Mir dari Moto2 ke MotoGP merupakan salah satu kejutan. Pasalnya, pebalap asal Spanyol itu naik ke kasta tertinggi balapan motor setelah baru satu tahun di Moto2.

Valentino Rossi meraih gelar pertama di kelas 125cc pada tahun kelahiran Joan Mir. (Valentino Rossi meraih gelar pertama di kelas 125cc pada tahun kelahiran Joan Mir. (Foto: AP Photo/Nicolas Aguilera)
Terlebih, saat itu ia hanya menempati peringkat keenam klasemen akhir Moto2 2018. Aksi impresif Mir ditunjukkan saat ia meraih juara Moto3 2017 dengan meraih 10 kali kemenangan, 13 podium, dan satu pole position.

Joan Mir saat ini berada di peringkat ke-15 dari 2 pebalap di klasemen sementara dalam tiga seri MotoGP yang sudah dilalui. Pada MotoGP Amerika Serikat ia hanya mampu finis di posisi ke-17.

Sebagai pebalap baru, pebalap 21 tahun itu menyampaikan targetnya di MotoGP 2019. Ia ingin tampil kompetitif sama seperti Rossi dan Marc Marquez.

Joan Mir Seperti Bermimpi Balapan Bersama Rossi di MotoGP
"Hal yang saya takutkan bukan karena terjatuh, tapi tidak menjadi kompetitif yakni berada di posisi terakhir."

"Saya tidak ingin gagal, saya ingin menjadi seperti mereka [Rossi dan Marquez] dan tetap berada di level saat ini," terang Joan Mir dikutip dari Sport Fair.

Joan Mir juga mengaku takjub dengan performa Marquez di MotoGP.

"Dia [Marquez] selalu berada di depan. Saya melihat dia sebagai pebalap yang harus dikalahkan, tapi sejumlah pebalap lain juga amat kuat serta bisa menyulitkannya untuk meraih gelar juara."

"Saya juga senang jika pebalap Suzuki menang di [Sirkuit] Jerez [MotoGP Spanyol]. Saya pikir Marquez akan memperbaiki segalanya setelah jatuh di [Sirkuit] Austin. Saya melihat Valentino [Rossi] masih tangguh dan akan berada pada posisi kedua di belakang pebalap Honda asal Spanyol itu serta [Alex] Rins juga akan meraih podium," ujar Joan Mir. (bac/sry)