Kalah Telak dari Barcelona, Liverpool di Ambang Sonder Gelar

CNN Indonesia | Kamis, 02/05/2019 10:10 WIB
Kalah Telak dari Barcelona, Liverpool di Ambang Sonder Gelar Jordan Henderson dan Andrew Robertson usai laga melawan Barcelona. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool sempat digadang-gadang meraih dua gelar pada musim ini, namun mendekati pengujung musim The Reds justru tampak menjauh dari trofi kesuksesan.

Setelah kali terakhir menjadi juara Piala Liga 2011/2012, Liverpool memiliki peluang yang terbilang besar pada musim ini di ajang Liga Inggris dan Liga Champions.
Bukan sembarang kans lantaran anak asuh Juergen Klopp konsisten di papan atas liga domestik bersaing dengan Manchester City, sementara di kompetisi antarklub Eropa Liverpool hanya membutuhkan beberapa laga untuk mengulang prestasi mencapai final sekaligus membayar kekalahan dalam laga puncak tahun lalu.

Namun belakangan Sadio Mane dan kawan-kawan justru terancam kembali tanpa gelar seperti enam musim terakhir.

Kalah dari Barcelona, Liverpool di Ambang Sonder GelarLiverpool tampil cukup konsisten pada musim 2018/2019. (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
Dalam kompetisi Liga Inggris, Liverpool kini berada di peringkat kedua. Man City yang menjadi rival utama tampil tidak kalah konsisten dengan rutin meraih kemenangan pada laga-laga terakhir, termasuk mengalahkan klub-klub anggota 'The Big Six' seperti Tottenham Hotspur dan Manchester United.


Kini Liverpool sudah mengumpulkan 91 poin atau tertinggal satu poin dari The Citizens dan masih akan menghadapi dua klub papan tengah, Newcastle United serta Wolverhampton Wanderers pada laga sisa. Sedangkan Man City akan bertemu Leicester City dan Brighton & Hove Albion.

Kalah dari Barcelona, Liverpool di Ambang Sonder Gelar
Untuk meraih gelar liga domestik pertama setelah 1990, Liverpool wajib meraih kemenangan pada laga sisa, sekaligus berharap pada hasil buruk Man City.

Pada ajang Liga Champions, Liverpool yang sudah sampai fase semifinal mengalami kekalahan telak pada leg pertama. Anak asuh Juergen Klopp takluk tiga gol tanpa balas ketika bertamu ke Camp Nou. Barcelona yang sempat kesulitan pada menit-menit awal, justru mampu menuntaskan peluang-peluang yang sebenarnya tidak terlalu banyak didapat.

Kalah pada leg pertama, Liverpool masih memiliki kesempatan melaju ke partai puncak jika dapat mengalahkan Barcelona dengan selisih empat gol dalam laga semifinal kedua yang berlangsung di Stadion Anfield, Selasa (7/5) waktu setempat.

Untuk menjaga peluang meraih gelar pada musim ini, Liverpool akan lebih dulu fokus kepada laga akhir pekan melawan Newcastle sebelum bersiap menjamu Barcelona. (nva/bac)