Rahasia Marquez Pulih Cepat Usai Operasi Bahu

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 06:19 WIB
Rahasia Marquez Pulih Cepat Usai Operasi Bahu Marc Marquez menjalani operasi bahu di akhir tahun. (AP Photo/Eric Gay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dokter mengungkapkan bahwa juara dunia MotoGP 2018Marc Marquez memiliki rahasia khusus di balik keberhasilannya pulih dalam waktu cepat.

Marquez menjalani operasi bahu pada akhir tahun demi mendapat kondisi yang lebih bagus di awal musim baru. Namun menurut dokter Michele Zasa, Marquez bekerja keras untuk bisa pulih cepat.

"Jika kalian melakukan MRI pada bahu Marc, maka dia kemungkinan belum ada pada kondisi 100 persen. Operasi itu butuh enam bulan untuk kembali 100 persen."


"Namun Marquez melakukan 3-4 sesi fisioterapi per hari dalam dua bulan pertama. Jadi dia pulih lebih cepat. Orang normal butuh 2-3 bulan untuk bisa kembali ke hidup normal, tentu saja dengan tidak berada di motor yang memiliki kecepatan 300 km/jam," kata Zasa, dikutip dari Tuttomotoriweb.

Zasa kemudian menyebut Marquez juga berusaha bersabar untuk beristirahat pada dua bulan pertama setelah operasi.

Marc Marquez menjalani operasi bahu pada akhir tahun.Marc Marquez menjalani operasi bahu pada akhir tahun. (REUTERS/Rafael Marrodan)
"Menjadi profesional juga berarti bahwa dirimu butuh istirahat. Itulah yang dilakukan oleh Marc Marquez."

"Dia melakukan pekerjaan luar biasa di dua bulan awal. Di dua bulan awal Marquez bermimpi untuk bisa langsung kembali ke motor. Namun dia tahu bahwa itu tidak mungkin. Karena itu dia bersabar," tutur Zasa.

Rahasia Marquez Pulih Cepat Usai Operasi Bahu
Marquez saat ini ada di posisi keempat klasemen MotoGP dengan nilai 45 poin, tertinggal sembilan angka dari Andrea Dovizioso yang ada di posisi puncak klasemen.

Marquez sejatinya punya peluang untuk berdiri kokoh di puncak klasemen namun semuanya buyar ketika Marquez terjatuh saat memimpin balapan di MotoGP Amerika Serikat. (ptr/ptr)