Juara MotoGP Spanyol, Marquez Dekati Rekor Lorenzo

CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 09:34 WIB
Juara MotoGP Spanyol, Marquez Dekati Rekor Lorenzo Marquez mendekati rekor Lorenzo. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mendekati rekor kemenangan rekan setimnya Jorge Lorenzo usai memenangi MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5).

Marquez jadi pebalap tercepat di MotoGP Spanyol 2019 dengan catatan waktu 41 menit 08,685 detik. Peringkat kedua ditempati pebalap Suzuki Alex Rins setelah tertinggal 1,654 dari pemenang. Tempat ketiga menjadi milik Maverick Vinales dari Yamaha dengan catatan waktu 41 menit 11,128 detik.

Kemenangan di Jerez merupakan yang kedua bagi Marquez di MotoGP 2019 setelah MotoGP Argentina, atau yang ketiga setelah podium kedua di MotoGP Qatar.


Dengan finis pertama di Spanyol, Marquez kembali ke puncak klasemen sementara berkat torehan 70 poin. Marquez kini unggul satu poin atas kompatriotnya, Rins.

Total Marc Marquez sudah mengoleksi 46 kemenangan di MotoGP. Pebalap kelahiran Catalonia itu saat ini hanya tertinggal satu kemenangan dari Lorenzo (47).

Lorenzo masih kesulitan naik podium di musim ini.Lorenzo masih kesulitan naik podium di musim ini. (REUTERS/Panoramic/Vincent Guignet)
Peluang Marquez untuk menyalip Lorenzo bisa tercipta di musim ini, bahkan di seri berikutnya di MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, 19 Mei. Selain karena performa Marquez yang tengah membaik, Lorenzo juga belum menunjukkan perkembangan di musim ini.

Di musim ini Jorge Lorenzo belum pernah merasakan naik podium. Mantan pebalap Yamaha dan Ducati itu kerap berada di luar 10 besar dalam empat seri belakangan. Di MotoGP Qatar, Lorenzo finis ke-133, lalu ke-12 di Argentina tidak finis di MotoGP Amerika Serikat, dan posisi ke-12 di Spanyol.

Juara di MotoGP Spanyol, Marquez Dekati Rekor Lorenzo
Kali terakhir Lorenzo naik podium saat memenangi seri MotoGP Austria 2018. Di sisa musim itu Lorenzo banyak menghabiskan waktu untuk pemulihan cedera. Namun setelah kembali dari cedera dan tampil di MotoGP Valencia, Lorenzo kerap kesulitan untuk menunjukkan kualitas terbaiknya.

Dikutip MC News, sejauh ini ada 23 pebalap berbeda yang pernah menjadi pemenang seri MotoGP, dengan delapan di antaranya tampil di MotoGP Spanyol lalu. Valentino Rossi adalah yang paling banyak meraih kemenangan (76), disusul Lorenzo (47), Marquez (46), Casey Stoner (38), dan Dani Pedrosa (31). (sry/jal)