Bulan Puasa, Pemain Persija dapat Perhatian Khusus

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 01:10 WIB
Bulan Puasa, Pemain Persija dapat Perhatian Khusus Persija Jakarta menjalani persiapan Liga 1 pada masa puasa Ramadan. (Dok. Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta memperhatikan asupan para pemain memasuki bulan Ramadan agar tidak mengalami kemunduran jelang Liga 1 2019 dimulai.

Dokter Persija Donny Kurniawan mengatur jadwal makan Ismed Sofyan dan kawan-kawan selama bulan puasa. Saat sahur, pemain Persija harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan kalsium susu.

"Pengaturan makan untuk-untuk anak Persija tidak berbeda, jadi yang dikejar adalah beberapa banyak kalori yang dikonsumsi dalam satu hari. Kenapa itu ditekankan? Karena saat puasa, mereka tetap latihan meskipun di malam hari," kata Donny seperti yang dikutip dari situs resmi Persija pada Rabu (8/5).


"Edukasi paling penting saat sahur yakni sang atlet cukup mendapatkan mineral, vitamin serta karbohidrat ditambah proteinnya. Itu kita minta mereka sedikit lebih ekstra," katanya menambahkan.

Bulan Puasa, Pemain Persija dapat Perhatian KhususPersija mengalami kegagalan di Piala AFC 2019 sebelum Liga 1 bergulir. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Selama Ramadhan, Persija berencana menggelar latihan pada malam hari. Selain menyesuaikan jadwal puasa latihan juga menjadi upaya adaptasi mengingat semua pertandingan awal Liga 1 2019 akan digelar malam hari.

Rencananya, skuat Macan Kemayoran akan mulai latihan pada Kamis (9/5) pukul 20.00 WIB. Kondisi ini juga memengaruhi asupan gizi pemain yang harus dikonsumsi saat berbuka puasa.

Bulan Puasa, Pemain Persija dapat Perhatian Khusus
"Saya minta anak-anak buka puasa di mess. Kenapa? Nantinya akan disajikan makanan-makanan pengantar latihan serta makan malam setelah latihan. Itu yang saya lakukan untuk edukasi sang atletnya sendiri apalagi tidak ada perbedaan hanya latihan malam saja," ucap Donny.

Sebelumnya, usai menjalani laga melawan Bali United dalam babak 8 besar Piala Indonesia 2018/2019 pada Minggu (5/5), skuad Persija Jakarta mendapatkan waktu libur.

Para penggawa Macan Kemayoran mendapat jatah liburan awal Ramadan hingga Rabu (8/5). Manajer Persija, Marsma TNI, Ardhi Tjahjoko mengatakan jatah libur pemain merupakan kompensasi agar dapat berkumpul dengan keluarga untuk merayakan awal Ramadan.

"Mudah-mudahan setelah libur, pemain semakin semangat dan segar untuk kembali menatap Liga 1 dan satu laga terakhir AFC Cup. Seperti satu dua tahun sebelumnya, latihan akan dilaksanakan setelah sholat tarawih yakni jam 20.00 WIB," ujar Ardhi. (nva/jun)