Pertama dalam Sejarah, Klub Inggris Kuasai Eropa

CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 06:36 WIB
Pertama dalam Sejarah, Klub Inggris Kuasai Eropa Arsenal tampil di final Liga Europa musim ini. (Action Images via Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat kesebelasan yang merupakan kontestan Liga Inggris menjadi finalis dalam dua ajang kejuaraan antarklub Eropa, Liga Champions dan Liga Europa.

Arsenal dan Chelsea memastikan final sesama wakil Inggris dalam partai puncak Liga Europa dalam leg kedua semifinal yang berlangsung Jumat (10/5) dini hari waktu Indonesia barat.

The Gunners yang sudah mengantongi kemenangan 3-1 pada leg pertama, kembali menegaskan dominasi atas Valencia dengan skor 4-2 dalam laga yang berlangsung di Stadion Mestalla.


Setelah sang tetangga memastikan tiket partai final, The Blues kemudian menyusul. Langkah anak asuh Maurizio Sarri harus melalui babak ekstra. Chelsea dan Eintracht Frankfurt yang bermain imbang 1-1 pada leg pertama kembali mengulang skor yang sama pada waktu normal leg kedua.

Klub Inggris Kuasai EropaChelsea meraih kemenangan atas Eintracht Frankfurt. (REUTERS/David Klein)
Tanpa gol di babak tambahan 2x15 menit, laga berlanjut ke babak adu jitu tendangan 12 pas yang berhasil dimenangkan Chelsea dengan skor 4-2.

Sebelum Arsenal dan Chelsea memastikan menjadi finalis di Liga Europa, Liverpool dan Tottenham Hotspur sudah lebih dulu mengalahkan wakil-wakil negara lain pada babak semifinal.

The Reds dan The Lilywhites membalikkan keadaan setelah tertinggal pada leg pertama. Liverpool mengawali langkah 'comeback' dengan menjungkalkan Barcelona yang menang 3-0 pada pertemuan pertama. Empat gol tanpa balas di Stadion Anfield, Rabu (8/5), membuat Jordan Henderson dan kawan-kawan mencapai final kedua secara beruntun.

Sehari berselang, Tottenham mengikuti jejak Liverpool dengan menundukkan Ajax Amsterdam. Setelah kalah 0-1 pada leg pertama dan tertinggal 0-2 pada paruh pertama leg kedua, klub asal London itu mencetak tiga gol pada babak kedua dan menyudahi laga dengan skor 3-2.

Klub Inggris Kuasai Eropa
Spurs pun membukukan keunggulan agresivitas gol tandang dan meraih final pertama di Liga Champions.

Final sesama kesebelasan asal Inggris di Liga Champions bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya 'All English Final' sudah terjadi pada musim 2007/2008 ketika Manchester United bertemu Chelsea.

Sementara final yang mempertemukan dua klub Inggris di ajang Liga Europa kali pertama terjadi ketika turnamen tersebut masih bernama Piala UEFA pada musim 1971/1972 saat Tottenham Hotspur menghadapi Wolverhampton Wanderers.

Ini merupakan kali pertama dominasi mutlak klub Inggris dalam dua kompetisi antarklub Eropa.

Pertandingan final Liga Champions akan berlangsung 1 Juni di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol. Sementara laga pamungkas Liga Europa akan dimainkan pada 29 Mei di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan. (nva/nva)