Ronaldo: Messi Tak Pernah Salah Jika Barcelona Kalah

CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 14:53 WIB
Ronaldo: Messi Tak Pernah Salah Jika Barcelona Kalah Lionel Messi disebut Ronaldo Nazario tak pernah salah meski Barcelona kalah. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain timnas Brasil Ronaldo Nazario mengatakan Lionel Messi tak akan pernah disalahkan meski Barcelona kalah.

Kritikan Ronaldo terhadap mantan klubnya tersebut dilontarkan menyusul kabar Ernesto Valverde yang terancam dipecat dari kursi pelatih Barcelona.

Valverde menjadi tertuduh yang paling disalahkan setelah Barcelona tersingkir dari semifinal Liga Champions. Strateginya dinilai sejumlah fan malah mendatangkan malapetaka sehingga Blaugrana kalah 0-4 dari Liverpool di leg kedua.


Kekalahan itu disebut cukup menyakitkan karena Azulgrana menang 3-0 atas skuat arahan Juergen Klopp pada leg pertama di Stadion Camp Nou. Bukan hanya Valverde, hampir semua pemain disebut melakukan kesalahan sehingga Barca tersingkir dari Liga Champions.

Kepada Sportskeeda, Ronaldo meyakini Messi tetap tak pernah disalahkan setiap Barcelona kalah.

Ronaldo Nazario mengkritik Barcelona soal Lionel Messi. (Ronaldo Nazario mengkritik Barcelona soal Lionel Messi. (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
"Barcelona punya tim hebat dan memiliki para pemain terbaik dengan Messi. Suatu saat jika mereka kalah, itu karena Valverde, [Philippe] Coutinho, tapi bukan Messi."

"Ketika mereka menang, Barcelona menang karena Messi. Ini sungguh sangat mengurangi respek kepada semua pemain dan jajaran pelatih," ujar Ronaldo dikutip dari Sportskeeda.

Ronaldo kemudian juga mengomentari keajaiban yang berhasil dibuat Liverpool dengan melakukan comeback setelah kalah 0-3 di leg pertama.

Ronaldo: Messi Tak Pernah Salah Jika Barcelona Kalah
"Ketika suatu tim sangat termotivasi dengan intensitas tinggi, biasanya lebih hebat dari lawannya sehingga [comeback] bisa terjadi. Intensitas Liverpool bukan lagi kejutan bagi Barcelona, tapi mereka kurang beruntung."

"Barcelona hebat di leg pertama dengan permainan luar biasa dari Messi. Namun di laga berikutnya [leg kedua], Liverpool mencundangi mereka dengan intensitas, hasrat, dan permainan solid," tutur mantan penyerang Real Madrid itu. (bac/ptr)