Potensi Rekor Liverpool di Akhir Musim

CNN Indonesia | Minggu, 12/05/2019 09:04 WIB
Potensi Rekor Liverpool di Akhir Musim Liverpool berburu gelar Liga Inggris 2018/2019 hingga akhir musim. (Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool dan beberapa pemain The Reds berpotensi mencetak beberapa rekor dalam laga akhir musim Liga Inggris ketika menghadapi Wolverhampton Wanderers di Stadion Anfield, Minggu (12/5) malam waktu Indonesia barat.

Pertandingan kandang pada pekan ke-38 begitu krusial bagi Liverpool yang sedang berkejar-kejaran dengan Manchester City, sekaligus mengincar gelar pertama dalam 29 tahun terakhir.

Selain menjaga kans meraih gelar juara Liga Inggris, pertandingan melawan Wolverhampton juga dapat membawa klub asal Merseyside dan beberapa pemainnya seperti Mohamed Salah dan Alisson Becker mencatatkan capaian-capaian berarti.


Liverpool dan Wolves merupakan salah satu rival lawas. Menurut situs resmi Liverpool, kedua klub sudah bertemu sebanyak 96 kali di liga. The Reds hanya butuh dua gol lagi untuk menorehkan gol ke-150 melawan The Wanderers.

Potensi Rekor Liverpool di Akhir MusimMohamed Salah berpeluang mempertahankan gelar top skor Liga Inggris. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Salah yang musim lalu menjadi top skor Liga Inggris dengan 32 gol berpotensi mempertahankan gelar. Penyerang asal Mesir yang saat ini sudah mencetak 22 gol itu memimpin daftar pembuat gol terbanyak, unggul dua gol atas pesaing-pesaing terdekatnya seperti Sadio Mane, Sergio Aguero, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Jika berhasil mempertahankan gelar maka Salah akan menjadi pemain pertama Liverpool yang mendapat predikat top skor dalam dua musim beruntun.

Potensi Rekor Liverpool di Akhir Musim
Gol dari Salah dan rekan-rekan membuat Liverpool sebagai salah satu klub paling subur, selain Man City. Dalam laga kandang di Stadion Anfield musim ini, anak asuh Juergen Klopp sudah mencetak 53 gol. Jumlah tersebut hanya kalah dari capaian Liverpool pada musim 1985/1986 ketika mencetak 58 gol dari 21 laga kandang.

Tak hanya impresif dalam melesakkan gol, performa kandang Liverpool juga terwujud dalam catatan tanpa kalah. Seandainya The Reds menang atau seri melawan Wolves maka mereka akan mencatatkan rekor tanpa kalah di kandang dalam dua musim beruntun, yang terakhir kali dicatatkan pada musim 1979/1980.

Di bawah mistar gawang, Alisson yang baru datang dari AS Roma pada awal musim lalu berpotensi memainkan laga ke-50 bersama Liverpool. Jika berhasil menjaga gawang tanpa kebobolan, kiper asal Brasil itu akan membuat 21 clean sheet selama semusim yang merupakan catatan terbanyak setelah Ray Clemence dengan 28 laga tanpa bobol pada musim 1978/1979. (nva/nva)