Duel di Bawah Mistar dalam Persaingan Man City dan Liverpool

CNN Indonesia | Minggu, 12/05/2019 13:53 WIB
Persaingan Manchester City dan Liverpool juga akan menular kepada penjaga gawang masing-masing klub, Ederson Moraes dan Alisson Becker. Ederson Moraes menjadi kiper andalan Man City. (REUTERS/David Klein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persaingan Manchester City dan Liverpool dalam perburuan gelar Liga Inggris juga akan menular kepada penjaga gawang masing-masing klub, Ederson Moraes dan Alisson Becker, yang memiliki peran besar terhadap kegemilangan tim.

Tidak seperti ketika membela timnas Brasil, kali ini Ederson dan Alisson berada pada dua kubu yang berbeda. Kedua kiper akan dituntut tampil maksimal pada laga akhir musim.

Tampil apik selama satu musim, Ederson dan Alisson pun menjadi kandidat kuat peraih penghargaan kiper terbaik dalam tajuk Golden Gloves Award.


Kiper yang datang ke Liga Inggris pada musim berbeda itu sama-sama memiliki jumlah clean sheet yang sama. Tampil tidak tergantikan dalam 37 pertandingan, Ederson dan Alisson tidak kebobolan 20 kali.

Duel di Bawah Mistar dalam Persaingan Man City dan LiverpoolAlisson Becker berpeluang meraih gelar individu pada musim pertama membela Liverpool. (Reuters/Carl Recine)
Catatan yang dibuat kiper Man City dan Liverpool menyerupai Liga Inggris musim 2008/2009 ketika ada dua kiper yang memiliki jumlah clean sheet  sebanyak 20 kali atau lebih. Sepuluh tahun lalu Edwin van der Sar yang membela Manchester United memiliki catatan clean sheet 21 kali dan Pepe Reina menjaga gawang Liverpool tidak kebobolan dalam 20 pertandingan.

Situs resmi Liga Primer menyebutkan kedua kiper akan berbagi gelar kiper terbaik jika berhasil membukukan jumlah clean sheet yang sama.

Duel di Bawah Mistar dalam Persaingan Man City dan Liverpool
Selain memiliki jumlah pertandingan dan clean sheet yang sama, dua kiper itu juga sama-sama kebobolan 22 kali selama musim 2018/2019.

Allison yang baru menjalani musim pertama bersama Liverpool melakukan 74 penyelamatan, lebih banyak dibanding Ederson yang membuat 57 penyelamatan.

Kendati lebih banyak melakukan penyelamatan, Alisson memiliki jumlah eror atau blunder lebih banyak yakni tiga kali. Sementara Ederson yang pernah menjadi kiper terbaik di Liga Portugal tercatat tidak pernah melakukan blunder.

Sedangkan dari 37 kali tampil, Ederson mengalami empat kekalahan bersama The Citizens. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang Alisson yang baru sekali kalah di bawah mistar Liverpool.
[Gambas:Video CNN] (nva/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK