Tony Hawk, Bocah Hiperaktif dan Putaran 900 Derajat

CNN Indonesia | Minggu, 12/05/2019 17:44 WIB
Tony Hawk, Bocah Hiperaktif dan Putaran 900 Derajat Tony Hawk beraksi di atas papan luncur. (REUTERS/Luke MacGregor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nancy dan Frank Peter Rupert Hawk mungkin tidak pernah menyangka akan melahirkan seorang anak bernama Anthony Frank Hawk atau Tony Hawk, yang di kemudian hari menjadi legenda olahraga skateboard.

Tony Hawk lahir pada 12 Mei 1968 di San Diego, California, Amerika Serikat. Saat masih anak-anak, Hawk termasuk bocah cerdas, bersemangat dan hiperaktif serta sangat menyukai tantangan. Dilansir dari situs resmi Tony Hawk, sang kakak memberikan Hawk sebuah papan luncur jalanan atau skateboard berbahan kaca fiber berwarna biru ketika dia berusia 9 tahun.

Saat itu, sama sekali tidak ada prasangka pemberian sang kakak menjadi cikal bakal Hawk menyukai permainan skateboard dan lalu menjadi sosok yang paling terkenal sepanjang masa.


Saking senangnya, Hawk memakai papan luncur tersebut hingga catnya terkelupas dan banyak goresan. Hawk menggunakan papan tersebut kali pertama di belakang rumahnya di San Diego. Sambil melihat ke belakang, Hawk berkata, "Bagaimana caranya belok dengan papan luncur ini?"

Rasa penasaran membuat Hawk semakin giat untuk berlatih dan mengulik teknik lain daripada sekadar berbelok. Hal itu terbukti dari gelar juara kontes papan luncur amatir di California pada usia 12 tahun.

Dua tahun kemudian Hawk menjadi pemain profesional. Pada usia 16 tahun Hawk kemudian dianggap sebagai pemain skateboard paling kompetitif di dunia.

Tony Hawk sukses melakukan trik The 900. ((Action Images / Steven Paston)
Penghasilan Hawk pada usia 17 tahun yang berasal dari royalti sponsor utama, bahkan melebihi guru-guru sekolah tingkat menengah atas (SMA). Ia mampu membeli rumah pertamanya sebelum lulus SMA dan berkeliling dunia untuk bermain skateboard.

Dunia skateboard sempat mengalami kemunduran pada 1991. Kondisi ini menyebabkan Hawk bertahan hidup dengan tunjangan makan dari Taco Bell sebesar 5 dolar per hari atau kurang lebih Rp71 ribu jika dikonversikan dengan nilai tukar saat ini.

Di kala teman-teman sepermainan mulai meninggalkan skateboard untuk bekerja dan berkegiatan lain, Hawk memilih untuk bertahan dan tidak pernah menyerah terhadap olahraga yang sangat ia cintai. Meskipun hal itu mesti ia lalui dengan ketidakpastian keuangan.

Bermodal kepercayaan dunia skateboard akan kembali bangkit, Hawk bersama sahabatnya mendirikan perusahaan skateboard sendiri bernama Birdhouse Projects. Perusahaan ini yang kemudian membantu Hawk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membiayai rumah yang ia beli.

Perlahan tapi pasti, Birdhouse tumbuh menjadi perusahaan skateboard terbesar dan paling dikenal di dunia. Pada 1998, Hawk dan keluarganya memulai usaha pakaian skateboard untuk anak-anak bertajuk 'Hawk Clothing'.

Setahun kemudian, Hawk bekerja sama dengan Activision untuk menciptakan franchise video game. Seri permainan Tony Hawk menjadi salah satu yang paling populer dalam sejarah.

X Games 1999

Dari ratusan ajang skateboard yang pernah Hawk ikuti, X Games 1999 menjadi yang paling mengesankan dan tak akan ia lupakan seumur hidup. Di ajang tersebut, Hawk semakin dinilai pantas menyandang predikat legenda dunia skateboard.

Hawk menjadi pemain skateboard pertama di dunia yang berhasil melakukan trik putaran 900 derajat di udara dengan pendaratan yang sempurna. Sebelum Hawk, sempat ada pemain skateboard lain, Danny Way, yang mengklaim berhasil melakukan trik tersebut pada 1989.

"Dia [Way] menunjukkan trik itu dalam sebuah video 10 tahun lalu. Dia cukup baik melakukan trik itu, tapi tidak berhasil. Rekaman video dia terpotong, jadi menimbulkan kesesatan dalam pandangan orang," kata Hawk.

Tony Hawk menjadi legenda olahraga skateboard. (REUTERS/Mike Blake)
"Hanya ada empat orang yang hampir mampu melakukan itu [termasuk Hawk], dia [Way] salah satunya. Yang lainnya adalah Tas Pappas dan Rob Boyce, tapi mereka tidak berhasil mendarat dengan baik," katanya menambahkan.

Butuh 10 kali percobaan bagi Hawk untuk secara sempurna melakukan trik 900. Pihak penyelenggara sampai memberikan keistimewaan agar Hawk melakukan trik tersebut sampai berhasil, meskipun dia sudah melewati batas waktu dan kesempatan yang diberikan untuk masing-masing peserta.

"Saya merasa jika gagal melakukan trik 900, maka ini akan menjadi kekecewaan yang luar biasa bagi para penonton yang hadir. Maka dari itu saya terus melakukannya bahkan bila saya sampai dibawa ke rumah sakit," ucap Hawk dalam sebuah wawancara yang ditampilkan kembali lewat saluran resmi X Games di YouTube.

"Para penonton ingin melihat sesuatu yang spektakuler. Mereka tahu akan menyaksikan sebuah aksi yang bersejarah, sesuatu yang sangat istimewa. Mereka sangat ingin melihat saya berhasil melakukan trik 900," ucapnya melanjutkan.

Pada akhirnya, Hawk berhasil melakukan trik 900 pada 27 Juni 1999. Ia menjadi juara X Games 1999 dalam kategori trik terbaik.

"Untuk semua orang yang ada di sini, terima kasih. Terima kasih, ini momen terbaik dalam hidup saya. Saya bersumpah pada Tuhan," ujar Hawk setelah berhasil melakukan trik tersebut.

Selamat ulang tahun ke-51, Tony Hawk!

(map/jal)