Filosofi Mendalam di Balik Desain Jersey Persib

CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 00:53 WIB
Filosofi Mendalam di Balik Desain Jersey Persib Persib Bandung memperkenalkan jersey anyar yang akan digunakan untuk kompetisi Liga 1 2019. (CNN Indonesia/Huyogo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persib Bandung resmi memperkenalkan jersey yang akan mereka kenakan untuk mengarungi Liga 1 2019. Dalam acara peluncuran yang digelar di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Sabtu (11/5), ada tiga jersey utama yang dikenalkan.

Kaus tim berjuluk Maung Bandung masih dengan ciri khas warna biru untuk laga kandang mereka. Perbedaan jersey untuk musim ini terlihat dari bagian kerah dengan warna kuning.

Kostum tandang mereka akan mengenakan warna putih dan jersey ketiga Pangeran Biru adalah dominasi hitam. Sedangkan jersey kiper masih mengunakan warna kuning, abu-abu, dan merah. 


Perbedaan mencolok terlihat pada jersey latihan Persib untuk musim ini. Jika pada tahun sebelumnya desain jersey latihan dibuat polos dengan dominasi biru dan putih, musim ini desain jersey latihan Persib terlihat dipenuhi corak dan gradasi warna. Kombinasi warna hitam pun tampak pula di bagian celana.

Persib Bandung akan memakai jersey berwarna biru yang dipadukan dengan warna kuning untuk kostum utama. (CNN Indonesia/Huyogo)
Pada acara peluncuran jersey, disebutkan bahwa kaus tim Maung Bandung untuk musim ini bertemakan kebudayaan. Nilai-nilai kebudayaan tersebut dimunculkan ke dalam peta Jawa Barat yang hadir di bagian muka jersey.

Selain itu, terdapat siluet wajah Maung atau Harimau yang juga muncul dari perpaduan peta dan garis-garis di bagian depan jersey. Kedua detail tersebut merupakan identitas dari nilai-nilai dan kebudayaan Sunda dan Jawa Barat.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, dalam jersey anyar ini terdapat unsur Jawa Barat, karena Persib tidak hanya menjadi kebanggaan warga Kota Bandung saja.

"Tadi dijelaskan ada unsur Jawa Barat, makanya ada petanya. Jadi kita menggali unsur-unsur dari Jawa Barat," kata Teddy.

Bek sayap Persib, Supardi, turut menanggapi jersey terbaru timnya. Menurutnya, jersey terbaru Pangeran Biru lebih bagus dari jersey musim sebelumnya. "Jerseynya bagus. Saya nyaman memakainya," kata Supardi.

Kehadiran jersey setiap awal musim memang hal yang lazim jelang bergulirnya kompetisi sepak bola. Selain untuk kenyamanan, jersey bisa menambah kepercayaan diri kepada para pemain tersebut.

"Selama jersey yang dipakai nyaman semoga ada pengaruhnya kepada pemain," kata Supardi. (hyg/jal)