Guardiola: Liverpool Bantu Manchester City Juara

CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 04:33 WIB
Manajer Manchester City Pep Guardiola mengakui bahwa performa hebat Liverpool turut membantu The Citizens menjadi tim yang lebih baik dan berhasil jadi juara. Pep Guardiola memberikan pujian pada Liverpool. (REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Manchester City Pep Guardiola mengakui bahwa performa hebat Liverpool turut membantu The Citizens menjadi tim yang lebih baik dan berhasil jadi juara Liga Inggris.

Manchester City berhasil jadi juara dengan koleksi 98 poin, berjarak satu angka dari Liverpool yang ada di posisi kedua klasemen. Guardiola menyadari Manchester City telah menjalani musim yang luar biasa dan ini adalah kemenangan tersulit yang pernah didapatkan Guardiola di kompetisi domestik.

"Ini adalah liga tersulit yang pernah kami menangkan sejak awal. Saya menang di Spanyol dan Jerman, namun ini adalah kemenangan tersulit dengan rival yang kami hadapi sepanjang musim."


"Saya rasa musim lalu kami telah meningkatkan standar kompetisi. Sebelumnya 85, 87, 90 poin sudah cukup untuk jadi juara dan kemudian kami meraih 100 poin," kata Guardiola seperti dikutip dari Manchester Evening News.

Manchester City berhasil memenangkan 14 laga terakhir di Liga Inggris musim ini.Manchester City berhasil memenangkan 14 laga terakhir di Liga Inggris musim ini. (Reuters/John Sibley)
Guardiola menyadari keberhasilan Manchester City tampil solid di akhir musim lewat raihan 14 kemenangan beruntun tak lepas dari tekanan kuat yang dilakukan oleh Liverpool.

"Semua tim menyadari itu [butuh poin banyak untuk jadi juara] namun hanya Liverpool yang bisa melakukannya. Saya harus mengucapkan terima kasih pada Liverpool karena mereka menolong kami jadi tim yang lebih baik dibandingkan musim lalu."

Pep Guardiola menyebut Liverpool punya peran di balik penampilan konsisten Manchester City.Pep Guardiola menyebut Liverpool punya peran di balik penampilan konsisten Manchester City.(REUTERS/Toby Melville)
"Liverpool menjalani musim yang luar biasa namun kami melakukannya sedikit lebih baik," ujar manajer asal Spanyol tersebut.

Guardiola menyebut Liverpool benar-benar mendapat rasa hormat yang besar dari dirinya dan Manchester City. Guardiola menyebut Manchester City bisa juara Liga Inggris karena upaya maksimal dari seluruh komponen tim.
Guardiola: Liverpool Bantu Manchester City Juara
"Apa yang dilakukan Liverpool di dua laga lawan Barcelona adalah apa yang telah mereka lakukan sepanjang 38 pekan musim ini."

"Keberhasilan kami mempertahankan level permainan setelah di awal [kami dibayangi] 100 poin di musim sebelumnya, dan juga baru kembali dari Piala Dunia. Kami mendorong diri kami dan seluruh komponen organisasi saling mendukung. Itulah satu-satunya cara kami bisa ada di posisi ini [juara]," tutur Guardiola. (ptr/sry)