Pesan Ramadan Sandy Walsh untuk Masyarakat Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 14:30 WIB
Pesan Ramadan Sandy Walsh untuk Masyarakat Indonesia Sandy Walsh (kiri) berencana ke Jakarta pada akhir Mei 2019. (REUTERS/Toussaint Kluiters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski bukan seorang muslim, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Sandy Walsh turut berbahagia menyambut bulan suci Ramadan. Pesan Ramadan pun turut disampaikan pemain berdarah Belanda itu buat masyarakat di Indonesia.

Sandy Walsh yang punya darah Indonesia dari sang ibu Brigitta Portier, tahu betul kalau masyarakat Indonesia mayoritas muslim. Menurut pemain klub Zulte Waregem itu, puasa pada bulan suci Ramadan memiliki manfaat positif.

"Saya sangat menghormati agama Islam dan mendoakan Ramadan yang bagus. Bahwa puasa akan memberi orang semangat dan kekuatan yang baik untuk masa depan," kata Sandy Walsh kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/5).


Sementara itu jelang akhir puasa Ramadan 2019, Sandy Walsh juga merencanakan kunjungan ke Jakarta. Tepatnya setelah pertandingan terakhir Zulte di babak playoff perebutan tiket ke Liga Eropa melawan Union Saint-Gilloise di Stadion Regenboogstadion, Sabtu (18/5) waktu setempat.

Sandy Walsh (kanan) berlaga di Liga Belgia.Sandy Walsh (kanan) berlaga di Liga Belgia. (Screenshoot via Instagram/@sandywalsh)
Meski tak punya waktu lama, Sandy mengaku senang bisa melepaskan rasa penasaran dan rindu akan Jakarta. Sandy juga mengaku sudah mulai belajar bahasa Indonesia jelang kedatangannya nanti.

Beberapa kata dasar dalam bahasa Indonesia pun sudah fasih diungkapkan Sandy Walsh, seperti 'terima kasih', 'apa kabar?, 'baik', 'sama-sama' dan 'keren'. Sandy mengungkapkan ia setidaknya harus bisa berbahasa Indonesia supaya bisa lebih mudah berkomunikasi dengan para penggemar di Indonesia.

Pesan Ramadan Sandy Walsh Buat Indonesia
"Ya, pelan-pelan belajar bahasa Indonesia. Saya tidak sabar untuk datang ke Jakarta. Setelah Bali, ini bakal jadi kali kedua saya ke Indonesia. Saya harap kelak bakal lebih sering," sebut pemain 24 tahun tersebut.

Kedatangan Sandy ke Jakarta juga menjadi bukti keseriusan untuk bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Apalagi pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy membuka pintu buat Sandy Walsh untuk bergabung.

"Lewat perjalanan [ke Jakarta] ini saya ingin menunjukkan kepada para fan bahwa saya telah membuat usaha yang besar untuk bisa tampil bersama Timnas Indonesia," jelasnya. (ttf/har)