Peselancar Indonesia Kalahkan Juara Dunia Surfing di WSL 2019

CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 18:22 WIB
Peselancar Indonesia Kalahkan Juara Dunia Surfing di WSL 2019 Rio Waida tampil mengesankan di ajang World Surf League 2019. (Screenshot via riowaida_)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peselancar Indonesia, Rio Waida, secara mengejutkan berhasil mengalahkan juara dunia dua kali, Gabriel Medina, pada ajang World Surf League (WSL) 2019 di Pantai Keramas, Bali, Senin (13/5).

Rio tampil di WSL 2019 dengan status wild card. Meski tidak diunggulkan, peselancar berusia 19 tahun itu memperlihatkan bisa jadi atlet besar Indonesia selanjutnya di panggung internasional dengan performa apik di awal kejuaraan ini.

Rio tampil di heat keenam bersama dua juara dunia dari Brasil, Medina dan Deivid Silva. Rio mencatat skor 5,67 di babak pertama.


"Saya sangat senang menang di babak pertama. Apalagi saya bersaing melawan Gabby Medina, juara dunia. Ombaknya kecil, tapi saya tahu pecahannya [ombak] jadi saya bisa menerapkan strategi saya," kata Waida dikutip AFP.

[Gambas:Instagram]
Di babak berikutnya, Rio mencatatkan skor 3,93 dan punya skor gabungan 9,60. Perolehan skor itu cukup untuk mengungguli Medina dan Silva. Medina mencatatkan skor 9,54 dan Deivid hanya 6,77.

Hasil itu membawa Rio lolos ke ke babak ketiga dan akan bersaing dengan para pemenang di babak kedua.

Peselancar Indonesia Kalahkan Juara Dunia Surfing di WSL 2019
Selama lomba, Rio mengaku hanya fokus dengan penampilannya ketimbang memikirkan performa lawan. Hasil ini merupakan yang terbaik setelah pada WSL Junior 2018 berada di urutan ketiga berkat serangkaian manuver yang membuatnya dapat nilai 5,67.

Rio merupakan sosok baru dari generasi peselancar Indonesia. Event WSL 2019 merupakan seri ketiga dalam 11 rangkaian tur dunia setelah Gold Cost dan Bell Beach, Australia.

Juara dunia dua kali asal Hawaii, John Florence, sementara ini masih memimpin di WSL 2019. Florence sudah memastikan lolos dari lomba hari pertama bersama Italo Ferreira, Filipe Toledo, dan Jordy Smith.

[Gambas:Video CNN] (TTF/jal)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA