Persija: Janji Gubernur Bangun Stadion BMW Harus Ditepati

CNN Indonesia | Rabu, 15/05/2019 19:36 WIB
Persija: Janji Gubernur Bangun Stadion BMW Harus Ditepati Persija Jakarta meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap mengupayakan pembangunan Stadion BMW. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta berharap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menepati janji kampanye untuk membangun Stadion Internasional BMW di Tanjung Priok.

Manajer Persija, Ardhi Tjahjoko mengatakan sudah seharusnya jika Persija sebagai tim kebanggaan kota Jakarta memiliki stadion kandang. Terlebih sudah ada itikad baik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk membangun stadion.

"Kalau buat saya namanya tim Ibukota perlu wadah tempat atau rumah. Masa setelah tidak ada [Stadion] Lebak Bulus, Persija masih enggak punya rumah. Ironis namanya," kata Ardhi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/5).


"Sebenarnya kalau tidak di BMW, Pemda punya lahan di mana? Kalau lahan di Jakarta mahal ya terserah di lahan Pemda di mana bakal dibangun nanti kita ikut. Ini kan janji, jadi harus ditepati," ujar Ardhi. 

Persija Jakarta berharap memiliki stadion yang representatif di Jakarta. (Persija Jakarta berharap memiliki stadion yang representatif di Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pembangunan Stadion BMW di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara terancam batal. Pasalnya, hasil putusan sidang perkara No. 282/G/2018/PTUN-JKT antara PT Bauna Permata Hijau melawan Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Pemprov DKI Jakarta dimenangkan penggugat.

Meski begitu, Pemda DKI masih bakal melakukan banding atas putusan tersebut. Jika banding ditolak, Pemda harus mencari alternatif lahan lain untuk pembangunan stadion di Jakarta.

Ardhi menambahkan sebenarnya Persija realistis dengan keadaan sekarang meski keinginan untuk memiliki stadion kandang di Jakarta begitu besar. Tapi, Persija juga harus realistis dengan kondisi yang terjadi.

"Kalau kenyataannya begini, ya kami harus terima. Tapi kan kami tetap ingin punya stadion di Jakarta," tegasnya.

Persija Minta Gubernur DKI Tetap Upayakan Stadion BMW
Persija dua kali mengalami kondisi yang sama terkait alih fungsi lahan stadion untuk menjadi fasilitas umum. Mulai dari alih fungsi yang dilakukan Pemda DKI terhadap Stadion Menteng untuk menjadi taman dan Stadion Lebak Bulus yang beralih fungsi menjadi Depo MRT. (TTF/nva)